Selasa 09 Feb 2021 08:09 WIB

Anggota Kongres AS Meninggal Terpapar Covid

Ron Wright menjadi anggota kongres pertama yang meninggal terpapar virus Covid.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Virus corona (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, ASHINGTON -- Anggota Kongres dari Partai Republik, Ron Wright dari Texas  meninggal dunia setelah menjalani perawatan di rumah sakit karena virus Corona atau Covid-19, Senin (8/2). Ron dan istrinya, Susan telah dirawat selama dua minggu di Rumah Sakit Baylor di Dallas lantaran terinfeksi virus Corona.

"Anggota Kongres Ron Wright telah meninggal dunia pada usia 67 tahun pada 7 Februari 2021. Selama dua minggu sebelumnya, Ron dan Susan telah dirawat di Rumah Sakit Baylor di Dallas setelah tertular Covid-19," ujar pernyataan kantor Kongres, dilansir CNN, Selasa (9/2).

Baca Juga

Wright adalah anggota Kongres pertama yang meninggal dunia karena terinfeksi virus Corona. Sebelumnya pada Desember lalu, anggota Kongres terpilih Luke Letlow meninggal dunia setelah didiagnosis terinfeksi Covid-19.

Kantor Wright mengumumkan bahwa dia dinyatakan positif Covid-19 pada 21 Januari. Ketika itu, Wright mengatakan bahwa dia memiliki gejala ringan dan menjalani isomasi mandiri di rumah. "Saya mengalami gejala ringan, secara keseluruhan saya merasa baik-baik saja dan akan terus bekerja dari rumah," ujar Wright.

Dalam sebuah pernyataan, kantor Wright mengatakan bahwa anggota kongres tersebut telah berjuang melawan kanker dalam beberapa tahun terakhir. Selama Wright berjuang melawan kanker, pada Desember lalu anggota Partai Republik memberikan penghormatan kepadanya dengan mengenakan dasi kupu-kupu di Capitol. Diketahui Wright merupakan anggota kongres yang identik dengan dasi kupu-kupunya.

"Selama beberapa tahun terakhir, Anggota Kongres Wright telah menjaga jadwal kerja yang ketat di House of Representative dan di Distrik Kongres Texas 6 saat dirawat karena kanker," ujar pernyataan kantor Wright.

Presiden AS Joe Biden menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Wright. Dalam sebuah pernyataan pada Senin (8/2), Biden mengatakan bahwa Wright adalah seorang yang berjuang dengan berani melawan kanker dan Covid-19.

"Bangsa kita akan terus bekerja tanpa lelah setiap hari untuk mengalahkannya dalam mengenang semua yang telah pergi. Doa kami bersama istri Ron, Susan, ketiga anak mereka, dan sembilan cucu mereka," kata Biden.

Ketua House of Representative Nancy Pelosi juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Wright. Pelosi mengatakan, semasa hidupnya Wright telah memberikan pelayanan publik yang sangat baik kepada warga Texas. Diketahui, Wright telah mewakili distrik kongres keenam Texas sejak Januari 2019.

"Kami berduka atas meninggalnya Anggota Kongres Wright, Anggota Kongres bersatu dalam kesedihan dan berdoa untuk keluarga dan orang-orang terkasih dari lebih dari 460.000 orang Amerika yang telah terbunuh oleh virus Corona yang ganas. Setiap kematian adalah tragedi yang menghancurkan hati kami dan menuntut tindakan yang kuat dan segera," ujar Pelosi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement