Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Friday, 25 Ramadhan 1442 / 07 May 2021

Sekilas Mirip, Ini Perbedaan Gejala Kanker Paru dan Covid-19

Senin 08 Feb 2021 18:56 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah

Sekilas Mirip, Ini Perbedaan Gejala Kanker Paru dan Covid-19

Sekilas Mirip, Ini Perbedaan Gejala Kanker Paru dan Covid-19

Foto: Republika
Indonesia memiliki angka kematian akibat kanker paru tertinggi di Asia Tenggara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kanker paru memiliki gejala umum yang sekilas mirip dengan gejala Covid-19. Kemiripan ini terkadang membuat penderita kanker paru mengira dirinya terkena Covid-19.

Bagaimana membedakannya? Secara umum, gejala tersering dari kanker paru adalah batuk yang tidak kunjung sembuh atau batuk kronis.

Batuk ini akan semakin bertambah parah hingga mengeluarkan darah. Gejala tersebut juga disertai dengan rasa nyeri di bagian dada, punggung, atau bahu, sesak napas, serta berat badan yang menurun drastis.

Baca Juga

Bila dilihat sekilas, gejala tersebut mirip dengan gejala yang juga dialami penderita Covid-19. Di masa pandemi ini, penderita kanker yang mengalami gejala tersebut mungkin akan mengira dirinya terkena Covid-19.

Padahal, hal semacam ini bisa menyebabkan risiko terlambatnya penderita kanker paru untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat dan cepat. Meski sekilas mirip, gejala kanker paru dan Covid-19 sebenarnya memiliki pebedaan. Pada Covid-19, gejala yang muncul lebih sering didahului dengan demam, gangguan pernapasan, atau gangguan organ lainnya.

Namun, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk bisa menegakkan diagnosis Covid-19 atau paru-paru dengan tepat. Seseorang dapat didiagnosis dengan kanker paru bila memiliki sel tumor di saluran pernapasan, parenkim paru, atau pada pembungkus paru.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA