Senin 08 Feb 2021 17:17 WIB

Mengambil Pelajaran dari Tiga Orang Suku Bani Israil

Kisah ini merupakan dua gambaran sifat yang dimiliki oleh manusia.

Mengambil Pelajaran dari Tiga Orang Suku Bani Israil
Foto: republika
Mengambil Pelajaran dari Tiga Orang Suku Bani Israil

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Deri Adlis

Dalam kita Riyadus Shalihin Karangan Imam An-Nawawi, sebuah Hadis menyebutkan “dari Abu Hurairah Ra, dia mendengar Rasulullah SAW bersabda“ sesungguhnya ada tiga orang dari Bani Israil mereka ialah orang yang berkulit belang (sopak), orang yang berkepala botak, orang yang buta. Allah SWT ingin menguji ketiga orang ini dengan mengutus satu malaikat kepada mereka (dalam rupa bentuk manusia). Malaikat tersebut mendatangi orang yang berkulit sopak (belang) kemudian bertanya, “sesuatu apakah yang ingin engkau minta?

Baca Juga

Maka dia menjawab “warna yang bagus, kulit yang bagus dan hilangnya dari saya sesuatu yang membuat orang jijik saya. Maka malaikat itu mengusapnya serta saat itu juga hilanglah penyakit yang menjijikkan tadi, serta dia diberi warna kulit yang bagus. Kemudian malaikat tersebut kembali bertanya: “harta apakah yang paling engkau minati? Si belang tersebut menjawab onta. Maka dia diberi satu onta yang bunting kemudian malaikat tersebut mendoakan “semoga Allah memberi berkah untukmu dalam onta ini.

Selanjutnya malaikat yang dalam rupa manusia itu kemudian mendatangi si botak. Pertanyaan yang sama dengan diatas juga dilontarkan kepada si botak.

“Apakah yang paling engkau sukai? Dia menjawab “Rambut yang indah serta hilangnya dari diri saya sesuatu yang membuat manusia menjauhi saya. Maka Malaikat tersebut mengusapnya dan seketika hilanglah segala penyakit si botak tadi serta dia diberi rambut yang indah. Kemudian, Malaikat kembali bertanya :” Harta apakah yang paling engkau minati? Dia menjawab, ”sapi. Maka dia diberi sapi yang bunting, kemudian malaikat tersebut mendoakannya, “semoga Allah memberkahinya untukmu.

Lalu malaikat dalam rupa manusia juga mendatangi si buta dan bertanya: ”Apakah yang paling engkau sukai? Dia menjawab “Allah kembalikan kepada saya penglihatan saya agar saya dapat melihat manusia. Maka Malaikat tersebut mengusapkan, maka seketika Allah mengembalikan penglihatannya. Kemudian malaikat tadi kembali bertanya, ”harta apakah yang paling engkau minati? Dia menjawab “Kambing. Maka dia diberi seekor kambing yang bunting, kemudian malaikat pun mendoakan yang sama.

 

Kemudian, harta ketiga orang Bani Israil ini berkembang biak dan maju. Onta milik si belang berkembang biak dan maju bahkan sampai memiliki satu lembah onta. Sapi yang dimiliki oleh si botak juga berkembang biak dan maju, bahkan sampai memiliki satu lembah sapi. Hal yang sama juga dialami oleh si buta dengan kambingnya juga berkembang biak dan maju, bahkan sampai satu lembah kambing.

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement