Senin 08 Feb 2021 14:41 WIB

Rahasia Sehat dari Empat Herbal China

Selama berabad-abad ramuan herbal China jadi salah satu pengobatan tertua di dunia.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Selama berabad-abad ramuan herbal China jadi salah satu pengobatan tertua di dunia (Foto: ilustrasi)
Foto: Pixabay
Selama berabad-abad ramuan herbal China jadi salah satu pengobatan tertua di dunia (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramuan herbal dari jamur kering hingga minyak bunga putih, akan selalu bisa digunakan setiap kali badan terasa tidak enak. Selama berabad-abad, ramuan herbal Cina tetap menjadi salah satu pengobatan tertua untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit. Terutama dikenal karena penggunaannya dalam jangka panjang.

“Sejak awal sejarah medis Tiongkok, anti-penuaan dan bagaimana menjaga kesehatan serta kebugaran adalah yang terpenting,” kata salah satu pendiri Universitas Yo San dan kepala formulator untuk Actual Being berbasis di Los Angeles, Mao Shing Ni, DOM, PhD, LAc, melansir laman wellandgood, Senin (8/2).

Baca Juga

Dalam budaya Tiongkok, kesehatan yang baik (dan umur panjang) dikaitkan dengan harmoni, keseimbangan antara yin dan yang (yang sering dicapai dengan menggunakan ramuan dari tumbuhan).

"Sifat atau prinsip (umur panjang) adalah menjaga keseimbangan tubuh dan juga memperhatikan gaya hidup kita," kata seorang ahli ginekologi dan akupunktur ramuan herbal Cina yang berpraktik di San Francisco, Liuhong Xu, LAc.

Xu mengatakan, ramuan harus dipasangkan dengan kebiasaan gaya hidup seperti makan sehat dan olahraga untuk menghasilkan manfaat kesehatan terbesar.

“Penggunaan ramuan telah bertahan dan berkembang karena kemanjuran dan efisiensinya. Kemudahan dalam budidaya membuat konsumsi ramuan secara teratur sebagai bagian dasar kehidupan,” ungkap editor dan manajer konten di Influential Point, Kyle Yoshioka, ACTCM.

Jika tertarik untuk mengeksplorasi ramuan herbal Cina untuk umur panjang, praktisi ramuan herbal Cina menyelami beberapa yang terbaik yang bisa dipraktikan (dan bagaimana memasukkannya ke dalam kehidupan sehari-hari). Berikut ini empat di antaranya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement