Senin 08 Feb 2021 14:40 WIB

Lampung Masih Fokus Vaksinasi Nakes

Pemberian vaksin kepada nakes akan rampung hingga akhir Februari 2021.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 produksi Sinovac saat pelaksanaan vaksinasi massal (ilustrasi)
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Petugas bersiap menyuntikkan vaksin COVID-19 produksi Sinovac saat pelaksanaan vaksinasi massal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung masih fokus menyelesaikan program vaksinasi kepada tenaga kesehatan (nakes), sebelum melanjutkan kepada lansia di atas 60 tahun. Pemberian vaksin kepada nakes akan rampung hingga akhir Februari 2021.

“Untuk Lampung vaksin tahap kedua dan lansia belum datang dari pusat. Kami masih fokus nakes sampai akhir Februari 2021 sesuai jadwal,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung yang juga Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Lampung dr Reihana di Bandar Lampung, Senin (8/2).

Baca Juga

Setelah selesai nakes, ia mengatakan program selanjutnya pemberian vaksin kepada nakes lansia di atas 60 tahun. Pemberian vaksin kepada nakes lansia tersebut secara nasional akan berlangsung Selasa (9/2).

Sedangkan pelaksanaan di Lampung, Reihana mengatakan masih menunggu kedatangan vaksin. Kedatangan vaksin yang kedua kalinya sudah didistribusikan ke 15 kabupaten/kota di Lampung. Menurutnya, pemberian vaksin kepada lansia untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah nakes di Lampung yang akan divaksinasi sebanyak 36.757 orang tersebar di 15 kabupaten/kota. Saat ini, vaksinasi sudah mencapai lebih dari 40 persen. Sebelumnya, Satgas Covid-19 Lampung menargetkan vaksinasi nakes akan rampung hingga pertengahan Februari 2021.

Baca juga : Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari

Menurut Reihana, nakes yang telah selesai vaksinasi yang menjadi garda terdepan dalam penanganan kasus Covid-19. Diantaranya, dokter, perawat, petugas laboratorium dan radiologi. Sedangkan nakes yang belum selesai vaksinasi bekerja pada bagian administrasi, tata usaha, dan unit teknis lainnya.

Jumlah nakes yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama setiap harinya berkisar 300 sampai 1.000 orang nakes. Sedangkan vaksinasi tahap kedua, masih sedikit. Akan terus dilakukan percepatan proses vaksinasi bagi nakes yang tersisa.

Untuk tahap pertama Lampung menerima 40.520 dosis vaksin Sinovac, sedangkan kedatangan kedua sebanyak 33.640 dosis. Vaksin tersebut diperuntukan kepada pejabat Fokompimda dan nakes. Pemberian vaksin juga diprioritaskan kepada nakes yang bekerja di daerah terpencil dan pulau terluar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement