Senin 08 Feb 2021 12:00 WIB

3 Pesan Penting yang Tersirat dari Surat At-Taubah 105

Terdapat 3 pesan penting dari surat at-Taubah ayat 105

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat 3 pesan penting dari surat at-Taubah ayat 105. Ilustrasi Alquran
Foto: pxhere
Terdapat 3 pesan penting dari surat at-Taubah ayat 105. Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Allah SWT menyatakan dalam surat at-Taubah ayat ke-105 bahwa setiap amalan kelak akan ditampakkan dihadapan-Nya dan Rasulullah SAW. 

وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ "Katakanlah: "Bekerjalah kamu maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada Allah yang mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakannya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan."

Baca Juga

Menurut Syekh As-Sa’di dalam kitab tafsirnya menjelaskan: “Allah SWT berfirman: Katakanlah kepada orang-orang munafik itu, lakukanlah pekerjaanmu sesukamu, dan terus lakukan kebatilan kalian! Jangan kalian mengira bahwa perbuatan itu akan disembunyikan, karena Allah dan rasulnya serta orang mukmin akan melihat pekerjaanmu. 

"Artinya semua perbuatan kalian akan diungkapkan dengan jelas," kata As-Saidi seperti dikutip KH DR M Tata Taufik dalam bukunya Tafsir Inspiratif ayat-ayat Alquran Piliham Pengguggah Jiwa. 

Dalam tafsirnya As-Sa’di menerangkan, bahwa kita semua akan dikembalikan kepada Allah yang mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitahukannya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan Apakah perbuatan tersebut baik atau buruk.  

"Ini merupakan peringatan keras dan ancaman bagi mereka yang senantiasa melakukan kebatilan, kedurhakaan, dan perbuatan maksiat," katanya.

Makna dari ayat ini kata As-Sa’di adalah: “Apa yang kamu sekalian kerjakan, entah itu perbuatan baik atau buruk maka sesungguhnya Allah Mahamelihat atas perbuatanmu, dan Rasulullah serta hamba-Nya yang beriman akan dapat melihat perbuatanmu walaupun perbuatan itu dilakukan secara sembunyi-sembunyi (terselubung).”

Menurut Tata terdapat tiga pesan penting yang bisa disarikan dari ayat ini yaitu pertama, ayat ini bisa dipahami dari dua sisi yaitu berupa ancaman bagi orang-orang yang menentang perintah Allah seakan-akan mengatakan: "Lakukan sesukamu karena perbuatan itu akan diperlihatkan kepadamu dengan segala akibatnya!" 

Dan sisi lainnya, dari segi motivasi untuk melakukan kebaikan bagi mereka yang berbuat amal saleh, ini seperti yang diungkapkan Aisyah RA, “Jika kamu melihat seseorang melakukan kebaikan ucapkanlah.”

"Jika kamu takjub dengan perbuatan baik seseorang maka katakanlah: Kerjakanlah, karena Allah dan Rasulnya serta orang mukmin akan melihat pekerjaanmu."

Kedua, bahwa perbuatan seseorang akan ditampakkan kepada orang lain di dunia ini. Yang baik akan ditampakkan kebaikannya yang buruk juga akan ditampakkan keburukannya walaupun perbuatan itu dilakukan secara sembunyi-sembunyi. 

Dalam pepatah dikenal sepandai-pandainya menyimpan bangkai suatu saat baunya akan tercium juga. Ketiga, pelajaran yang terpenting adalah motivasi untuk berbuat baik, berbuatlah bekerjalah, berkaryalah, karena karya dan perbuatan akan dilihat.    

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement