Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

UMP Buka Warung Makan Gratis Bagi Kaum Dhuafa

Senin 08 Feb 2021 11:51 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih

Warung gratis untuk dhuafa. ilustrasi

Warung gratis untuk dhuafa. ilustrasi

Foto: Republika/Thoudy Badai
UMP memfasilitasi masyarakat untuk menyediakan warung gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Untuk membantu kaum dhuafa di wilayah Kota Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mendirikan warung makan gratis. Warung makan ini, didirikan di kantor PSDK (Pusat Studi Dakwah Komunitas) UMP yang berlokasi di kawasan Kampung 'Dayak' Sri Rahayu, Kelurahan Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan.

Peluncuran program warung makan gratis, dilaksanakan di kantor PSDK UMP dengan dihadiri para pimpinan UMP, Bupati Banyumas Achmad Husein dan Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono.

''Keberadaan warung gratis ini sangat dibutuhkan bagi kaum dhuafa di kampung Dayak. Terlebih selama terjadinya pandemi Covid 19, dan juga pada saat pelaksanaan Gerakan 'Jateng di Rumah Saja','' kata Rektor UMP Dr Jebul Suroso, Sabtu (6/2).

Menurutnya, pendirian warung makan gratis di PSDK UMP ini merupakan bagian dari Gerakan Gotong Royong Kemanusiaan untuk mengetuk hati seluruh masyarakat di Banyumas. Untuk itu, Warung Gratis ini, tidak akan dimonopoli oleh UMP. Tapi juga menerima sumbangan dari donatur.

''UMP memfasilitasi teman-teman dan saudara-saudara yang mampu, untuk ikut berkontribusi membantu saudara-saudara kita yang terkendala kebutuhan dasar makanan selama terjadinya pandemi Covid 19,'' katanya.

Pengelola Warung Makan Gratis PSDK UMP, Ida Munawaroh, menyebutkan untuk sementara warung gratis yang dikelolanya akan melayani 350 warga miskin yang tinggal di Kampung Dayak. ''Selama gerakan Jateng di Rumah Saja, mereka kami sediakan makan gratis tiga kali sehari,'' kata dia.

Dia menyebutkan, dalam melaksanakan program tersebut, pihaknya menerima sumbangan dari berbagai donatur. Selain dari UMP, sejauh ini majelis-majelis di bawah  Aisyiyah juga sudah menjadi donatur yang memasok kebutuhan warung gratis.

''Bantuan yang kami terima berupa natura atau bahan mentah. Tidak dalam bentuk uang,'' katanya.

Bupati Banyumas Achmad Husein, dalam kesempatan itu mengapresiasi UMP yang telah melakukan berbagai upaya untuk membantu warga di Kampung Dayak Kelurahan Karangklesem. ''Saya sangat mendukung upaya UMP ini, karena akan sangat membantu warga miskin di kampung ini,'' katanya.

Selama masa wabah ini, Husein juga meminta agar UMP memelopori gerakan 'Desa Bebas Covid 19' yang dicanangkan Pemkab Banyumas. Melalui program ini, Husein berharap, UMP bisa membina minimal satu desa agar desa tersebut bisa benar-benar bebas Covid 19.

Baca Juga

''Mengenai program-programnya, silakan UMP yang membuat. Kita akan mensupport penuh upaya itu,'' katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA