Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

Arab Saudi Gagalkan Serangan Drone Bermuatan Bom Houthi

Senin 08 Feb 2021 11:21 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah

Serangan drone Houthi (ilustrasi).

Serangan drone Houthi (ilustrasi).

Foto: Al-Arabiya via AP
Serangan drone tersebut menyasar wilayah Arab Saudi bagian selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SANA'A -- Koalisi militer pimpinan Arab Saudi yang terlibat di Yaman mengatakan telah mencegat dan menghancurkan empat pesawat nirawak atau drone bersenjata pada Ahad (7/2). Serangan itu diluncurkan oleh gerakan Houthi ketika menuju Arab Saudi selatan.

Juru bicara koalisi Saudi, Kolonel Turki al-Malki mengatakan, sebuah pesawat nirawak bermuatan bom dicegat pada Ahad pagi. Pasukan koalisi mencegat tiga pesawat itu saat mengarah ke selatan Arab Saudi.

Baca Juga

Al-Malki menyatakan, serangan itu bertujuan menargetkan warga sipil dan objek sipil. Dalam pernyataan lanjutan, dia menyebutkan total ada empat pesawat nirawak yang menyerang dan berhasil dilumpuhkan.

Koalisi melakukan intervensi di Yaman pada Maret 2015 melawan Houthi setelah kelompok itu menggulingkan pemerintah yang didukung Saudi dari kekuasaan di ibu kota Sanaa. Konflik ini secara luas dilihat di wilayah tersebut sebagai perang proksi antara Arab Saudi dan Iran.

Malki mengatakan, koalisi akan terus mengambil langkah-langkah untuk menetralkan dan menghancurkan kemampuan senjata Houthi sesuai dengan hukum internasional. Aliansi militer tersebut sebelumnya telah melakukan serangan udara di situs militer Houthi di Yaman sebagai tanggapan atas serangan rudal dan drone lintas batas.

https://www.reuters.com/article/us-yemen-security-saudi/saudi-led-coalition-says-intercepted-four-houthi-armed-drones-idUSKBN2A703R?il=0

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA