Ahad 07 Feb 2021 23:10 WIB

Sungai Cipunegara Meluap, Warga Diungsikan

Luapan sungai Cipunegara dilaporkan meluap ke pemukiman warga pada Ahad malam.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Banjir landa permukiman warga. Ilustrasi
Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah
Banjir landa permukiman warga. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Sungai Cipunegara di Kabupaten Indramayu dilaporkan meluap, Ahad (7/2) malam. Warga sekitar pun diungsikan karena air terus meninggi dan berarus deras.

"Air dari sungai Cipunegara limpas ke pemukiman warga,’’ ujar Kepala Sekretariat BPBD Kabupaten Indramayu, Caya, saat dihubungi Republika.co.id melalui telepon selulernya.

Caya mengatakan, saat ini pihaknya mengutamakan upaya evakuasi terhadap warga.

Dihubungi terpisah, Koordinator Lapangan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Indramayu, Waminudin, menjelaskan, air dari sungai Cipunegara itu masuk ke pemukiman warga di Desa Tumaritis, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu.

 

"Ketinggian air ada yang mencapai satu meter dan arusnya deras,’’ kata Waminudin.

Akibatnya, banyak warga yang mengungsi. Titik lokasi pengungsian warga dipusatkan di Masjid Alfurqon Haurgeulis dan balai desa setempat. Adapula warga yang mengungsi ke rumah warga lainnya yang berlantai dua.

Waminudin menambahkan, ketinggian debit air sungai Cipunegara bahkan telah menutupi jembatan Cipunegara. Jembatan tersebut menjadi penghubung Kecamatan Haurgeulis–Kabupaten Subang.

Waminudin menambahkan, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah tersebut dalam durasi yang lama. Bahkan, hingga pukul 22.00 WIB, hujan masih mengguyur. "Masih hujan, ditambah mati lampu," ujar Waminudin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement