Ahad 07 Feb 2021 22:43 WIB

Ini Mata Kuliah yang Sesuai Perkembangan Tren Teknologi

Lulusan Teknologi Informasi UBSI sangat dibutuhkan perusahaan.

UBSI masih membuka penerimaan mahasiswa baru gelombang kedua.
Foto: Dok UBSI
UBSI masih membuka penerimaan mahasiswa baru gelombang kedua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Saat Ini ada 10 tren perkembangan teknologi. Seperti dikemukakan oleh lembaga riset global Alibaba DAMO Academy, 10 tren perkembangan teknologi saat ini adalah:

Internet of  Things (IoT), kolaborasi skala besar antarmesin, kecerdasan buatan (artificial intelligence), blockchain, in-memory computing, desain modulator, komputasi kuantum, revolusi perangkat semikounduktor, tekonologi AI untuk privasi data, dan cloud.

Karena itulah, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) terus memperkuat program studi (Prodi) Teknologi Informasi. “Hal itu sejalan dengan visi Prodi Teknologi Informasi UBSI,  yaitu menjadi program studi (Prodi) Teknologi Informasi yang unggul dalam pengembangan keilmuan teknologi dan informasi untuk mendukung ekonomi kreatif  tahun 2023,” kata Hendra Supendar, kaprodi Teknologi Informasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Sabtu (6/2).

Ia lalu mengutip pernyataan  Jeff Zhang, Head of Alibaba DAMO Academy dan President of Alibaba Cloud Intelligence,  “Kita hidup di era dengan pertumbuhan teknologi yang pesat. Khususnya, generasi baru teknologi TI yan ditandai dengan terobosan teknologi komputasi awan, artificial intelligence, blockchain, data intelligence dan 5 G, yang diharapkan dapat mempercepat jalanya ekonomi digital.”

Karena itulah,  Hendra melanjutkan, matakuliah yang diajarkan di Prodi Teknologi Informasi disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan teknologi yang pesat tersebut. “Matakuliah yang sesuai perkembangan tren teknologi saat ini adalah Interaksi Manusia Komputer, Kecerdasan Buatan, Cloud Computing, Virtual dan Augmented Reality, dan Computer Forensik,” paparnya.

Ia mengungkapkan, Prodi Teknologi Informasi Universitas BSI (UBSI) terbukti  menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional di bidangnya.

“Lulusan Teknologi Informasi UBSI sangat dibutuhkan perusahaan seiring majunya teknologi. Berbagai peluang kerja pun semakin terbuka lebar,” ujarnya. 

Hendra  menyebutkan,  setidaknya ada tujuh  prospek karir lulusan Teknologi Informasi.  “Yakni, IT Consultant, Network Engineer, Software Developer, IT Support Analyst, System Analyst, Business Analyst, bahkan startup founder,” kata Hendra.

Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) saat ini membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) gelombang kedua, tanggal 3 Februari sampai 6 April 2021. Perkuliahan dimulai September 2021. “Kami mengajak generasi muda, kaum milenial ayo segera mendaftar kuliah di UBSI. Pililah Prodi yang  paling cocok untuk kamu. Salah satunya Prodi Teknologi Informasi,” ujar Hendra Supendar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement