Ahad 07 Feb 2021 19:50 WIB

Baznas Bazis DKI Berdayakan Difabel Melalui Difabis

Difabis merupakan kedai kopi yang khusus mempekerjakan penyandang disabilitas

Difabis merupakan kedai kopi yang khusus mempekerjakan penyandang disabilitas
Foto: Baznas
Difabis merupakan kedai kopi yang khusus mempekerjakan penyandang disabilitas

REPUBLIKA.CO.ID, Di kawasan stasiun Sudirman Jakarta, saat ini terdapat kedai kopi unik. Kedai kopi bernama Difabis. Dimana Kedai Kopi yang khusus mempekerjakan penyandang disabilitas sebagai karyawannya.

Difabis merupakan program Baznas Bazis DKI. Baznas (Bazis) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Dinas PPKUKM DKI Jakarta. Kedai Kopi berada tepat di bawah jembatan stasiun Sudirman.

Baca Juga

Semua pekerja di Kopi Difabis adalah orang penyandang disabilitas, ada yang tunadaksa dan ada juga yang tunarungu. Para difabel mereka terlihat bangga dan senang menjadi karyawan kedai kopi.  Terlihat antusias dan bersemangat dalam bekerja dengan segala keterbatasannya.

Di kedai Kopi Difabis pembeli tidak perlu bingung. Difabis dilengkapi dengan cara-cara memesan menggunakan gaya bahasa isyarat.

Jadi, mempermudah pegawai dan pengunjung untuk berkomunikasi. Meski dilayani oleh penyandang disabilitas, tetapi kedai Difabis ini selalu didampingi oleh perwakilan dari Baznaz setiap harinya.

Dipo Gustira dan Gigin, selaku perwakilan Baznas (Bazis) mengatakan kepada awak media didirikannya Difabis ini adalah untuk meningkatkan taraf hidup dan melatih kemandirian para penyandang disabilitas.

"Jadi di sini kita juga melatih kemandirian mereka. Kita harapannya Difabis ni sebagai sarana pelatihan aja. Pelatihan selama 3 bulan, 6 bulan atau setahun. Agar mereka bisa mandiri mengelola dengan baik," ujar Gigin.

Lebih lanjut, Gigin juga menjelaskan kalau para penyandang disabilitas sudah terlatih, mereka akan mencari sponsor untuk mendanai pembuatan kedai-kedai serupa. Nantinya akan dikelompokkan 3-4 orang dalam satu kedai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement