Ahad 07 Feb 2021 19:10 WIB

Sebulan Program Vaksinasi, Angka Kasus Covid-19 Nakes Turun

Per hari ini sudah 784.318 nakes mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andri Saubani
Petugas bersiap menyuntik vaksin Covid-19 tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas Pandak I, Bantul, Yogyakarta, Rabu (3/2). Sebanyak 52 Nakes akan disuntik vaksin Covid-19 untuk tahap pertama. Beberapa Puskesmas di Yogyakarta baru bisa menjalani imunisasi Covid-19 pada pekan ini.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Petugas bersiap menyuntik vaksin Covid-19 tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas Pandak I, Bantul, Yogyakarta, Rabu (3/2). Sebanyak 52 Nakes akan disuntik vaksin Covid-19 untuk tahap pertama. Beberapa Puskesmas di Yogyakarta baru bisa menjalani imunisasi Covid-19 pada pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Angka kasus Covid-19 di lingkungan profesi tenaga kesehatan (nakes) terbukti menurun, sejalan dengan berlangsungnya vaksinasi Covid-19 selama satu bulan terakhir. Vaksinasi bagi SDM kesehatan sudah berjalan sejak 14 Januari 2020 lalu, dengan cakupan per hari ini mencapai 784.318 orang (dosis pertama). Angka ini nyaris separuh dari target keseluruhan vaksinasi Covid-19 bagi SDM kesehatan sebanyak 1,6 juta orang.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, penurunan kasus positif Covid-19 di lingkungan nakes terlihat di dua provinsi. Salah satunya, Jawa Tengah. Budi menyebutkan, pemerintah provinsi Jawa Tengah memang paling cepat dan agresif dalam menjalankan vaksinasi bagi seluruh tenaga kesehatannya.

Baca Juga

"Jadi memang kita sudah melihat ada dua provinsi yang saya lihat sudah mulai menurun kasus konfirmasi positif di nakes. Ada data yang sudah di-share Pak Ganjar, sesudah divaksinasi sudah mulai ada tren turun. Saya juga sudah lihat satu lagi ada daerah seperti itu," kata Budi dalam keterangan pers, Ahad (7/2).

Kendati begitu, Ganjar menambahkan bahwa dirinya masih perlu melakukan check and re-check untuk memastikan penurunan kasus positif Covid-19 konsisten terjadi di seluruh provinsi. Menkes berharap, tingginya angka vaksinasi nakes di daerah akan berdampak positif terhadap penurunan angka Covid-19.

"Tapi izinkan kami meneliti sedikit untuk memastikan konsistensi di provinsi lain," katanya.

Baca juga : BPOM Keluarkan Panduan Informasi Vaksinasi Sinovac Lansia

Selain nakes, masyarakat kelompok lanjut usia (lansia) atau penduduk berusia di atas 60 tahun akhirnya masuk kelompok prioritas vaksinasi Covid-19. Vaksinasi bagi lansia pun akan dimulai Senin (8/2) besok, dengan tahap awal diberikan kepada nakes senior berusia lanjut.

Budi menyebutkan, penyusunan urutan prioritas vaksinasi tetap didasarkan pada risiko penularan Covid-19. Nakes, ujarnya, dianggap paling berisiko lantaran tingkat paparannya yang tinggi terhadap pasien positif Covid-19.

Sementara lansia, Budi melanjutkan, juga dianggap berisko tinggi lantaran potensi perburukan kesehatan dan risiko kematian akibat Covid-19 yang tinggi. Budi membeberkan, porsi lansia di Indonesia yang terpapar Covid-19 hanya 10 persen. Namun, nyaris separuh atau 50 persen angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia disumbang oleh kelompok lansia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement