Ahad 07 Feb 2021 11:11 WIB

Operasional Bandara Ahmad Yani Kembali Normal

Pekembangan cuaca terkini terus dipantau dan diantisipasi

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Andi Nur Aminah
Kondisi Taxiway Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang lengang  akibat terhentinya operasional bandara ini bagi lalulintas penerbangan, Sabtu (6/2).
Foto: dok. Istimewa
Kondisi Taxiway Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang lengang akibat terhentinya operasional bandara ini bagi lalulintas penerbangan, Sabtu (6/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Operasional penerbangan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah yang sempat terhenti akibat kondisi cuaca buruk pada Sabtu (6/02) kemarin telah kembali normal. Bandara di ibu kota Provinsi Jawa Tengah tersebut, telah dibuka dan beoperasi kembali untuk pelayanan maupun aktivitas penerbangan komersial, terhitung sejak Ahad (7/2) pagi ini.

Kendati begitu otoritas Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang juga masih terus memantau perkembangan terbaru kondisi cuaca maupun trafik pergerakan pesawat," ungkap General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto, di Semarang.

Baca Juga

Ia mengatakan, sebelumnya, cuaca buruk dan curah hujan yang ekstrem sempat menjadi penyebab dari gangguan operasional penerbangan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, sepanjang hari Sabtu kemarin. Karena runway (landasan pacu) di bandara tersebut tergenang air di sejumlah titik, akibat hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur sepanjang hari Jumat malam hingga hari Sabtu kemarin.

Selain itu akses jalan utama baik yang akan menuju maupun dari bandara tersebut juga tertutup oleh genangan air hujan hingga ketinggian 60 centimeter dan tidak dapat dilalui kendaraan bermotor. "Sehingga, meskipun runway dalam keadaan clear, penerbangan tetap tidak dapat dilaksanakan, karena mobilitas penumpang yang akan masuk ke area bandara pun juga terhambat," tambahnya.

Koordinasi secara intens antar stakeholder bandara, masih kata Hardi, terus dilakukan, terutama maskapai penerbangan guna memberikan perkembangan informasi seputar kondisi bandara. Di dalam area bandara juga masih terus dilakukan upaya-upaya maksimal guna mengurangi genangan air. Salah satunya dengan mengoptimalkan 54 unit pompa air yang ada di lingkungan bandara sejak kemarin.

Bahkan PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang juga masih menyiagakan bantuan angkutan truk Lanumad Ahmad Yani guna mendukung mobilisasi penumpang yang terkendala kelancaran akses dari dan menuju bandara. Namun seiring dengan perkembangan kondisi cuaca saat ini yang kian membaik, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang kembali beroperasi normal hari ini, sejak pukul 06.00 WIB.

"Karena telah diterbitkan Notice to Airmen (NOTAM) Nomor : B0186/21 NOTAMR B0182/21 perihal RWY 13/31 Beroperasi Normal," tambahnya. 

Kegiatan operasional di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani pagi ini sudah kembali beroperasi normal seperti semula. "Namun kami akan selalu memonitor keadaan di lapangan untuk memantau perkembangan cuaca serta trafik pergerakan pesawat, penumpang, dan kargo," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement