Ahad 07 Feb 2021 12:30 WIB

Kemenag dan FKIK UIN Malang Gelar Manasik Haji Integratif

FKIK UIN Malang dan Kemenag gelar Manasik Haji Integratif.

Kemenag dan FKIK UIN Malang Gelar Manasik Haji Integratif
Foto: Dok Republika
Kemenag dan FKIK UIN Malang Gelar Manasik Haji Integratif

IHRAM.CO.ID,  BATU -- Di tengah rencana pemberangkatan haji yang masih belum pasti, tak menyurutkan langkah Kementerian Agama Kota Batu untuk terus melakukan pembinaan terhadap calon jamaah haji. Pada Sabtu (6/2) di Masjid Sultan Agung, Kota Batu, diselenggarakan manasik haji integratif dengan melibatkan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Manasik haji kali ini tidak hanya membekali aspek ibadah, namun juga menyiapkan kondisi kesehatan calon jamaah haji.

Baca Juga

"Istitaah haji bukan hanya mampu secara harta, namun juga mampu secara fisik untuk melakukan rangkaian ibadah haji. Beruntung FKIK UIN Malang kini hadir ditengah-tengah kita untuk saling berbagi ilmu dalam membina calon jamaah haji" kata Kasi PHU Kemenag Kota Batu, Achmad Faiz saat memberikan sambutan.

Manasik ini sendiri sifatnya bukan insidental. Tetapi, rutin dilakukan sebulan sekali oleh Kemenag Kota Batu yang dikemas dalam program Manasik Haji Sepanjang Tahun.

"Kami menyambut baik ajakan ini semata-mata karena ingin membantu dalam menyiapkan calon jamaah haji yang sehat dan mandiri. Semoga ilmu dan pengalaman kami selama berkecimpung di dunia kesehatan haji dapat bermanfaat untuk semua," kata Kepala Unit Kesehatan Haji FKIK UIN Malang dr Rizal.

Informasi terakhir, Pemerintah Arab Saudi membatasi sementara kunjungan wisatawan umroh dari 20 negara termasuk Indonesia. Namun pemerintah Indonesia sendiri tetap menyusun perencanaan keberangkatan haji tahun ini yang diperkirakan dimulai bulan Juni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement