Saturday, 6 Rajab 1444 / 28 January 2023

Waswas dan Tegang Menyebrangi JPO Cicaheum

Ahad 07 Feb 2021 08:26 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

 Was-was saat naik jembatan JPO Cicaheum Bandung

Was-was saat naik jembatan JPO Cicaheum Bandung

Saat penyebrang menaiki anak tangga, besi-besinya terlihat bergoyang.

KIARACONDONG, AYOBANDUNG.COM — Kondisi jembatan penyebrangan orang (JPO) yang terbentang di depan Terminal Cicaheum, Jalan Jenderal Ahmad Yani, tampak tidak terawat. Beberapa kelengkapanya tampak telah rusak, berkarat, atau bahkan lenyap.

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, Sabtu (6/2/2021), beberapa besi pengaman atau guardrail, yang menjadi pegangan untuk meniti anak tangga, tampak berkarat dan ada pula yang telah raib. Saat seorang penyebrang menaiki anak tangga dan memegang besi tersebut, besi-besinya terlihat bergoyang.

Ketika menapaki bagian atas jembatan, terdapat beton yang telah terkikis dan mengungkap strukturnya. Besi guardrail pun terpasang dengan jarak saling berjauhan dengan kondisi yang telah berkarat.

Alhasil, banyak celah kosong yang membuat para penyebrang tidak langsung terhalang dari kemungkinan jatuh dari ketinggian. Sementara di bagian muka jembatan banyak sisa-sisa baliho yang tidak tuntas dilepas alias tersangkut. Corat-coret vandalisme pun jamak dijumpai.

Padahal, jembatan tersebut termasuk jembatan yang sering dilalui warga. Pasalnya, posisi jembatan persis berada di depan pusat akivitas warga dan melintang di jalan yang ramai dilalui kendaraan besar. Setelah sekitar 15 menit reporter Ayobandung.com berada di area jembatan tersebut, terpantau lebih dari 10 orang telah menyebrang.

Salah seorang penyebrang, Hengky (27) menyebut JPO Terminal Cicaheum sebagai jembatan yang "mendebarkan". Saat melintas, dia mengaku merasa ada beberapa bagian yang terasa bergetar.

"Untuk yang tidak suka ketinggian lumayan mendebarkan, sih, apalagi sekarang angin sedang kencang. Di samping-sampingnya tidak ada penghalang, di beberapa bagian terasa bergetar," ungkapnya.

Sedang Diperbaiki

Jembatan penyebrangan orang (JPO) yang terbentang di depan Terminal Cicaheum, Jalan Jenderal Ahmad Yani, (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)
Menanggapi kondisi tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Didi Ruswandi, mengatakan aset JPO Terminal Cicaheum saat ini belum diserahkan ke Pemerintah Kota Bandung. Nantinya, aset akan diserahkan ke Dinas Perhubungan Kota Bandung.

"JPO tersebut asetnya belum diserahkan ke Pemkot Bandung. Bila sudah diserahkan, akan jadi tupoksi (tugas pokok dan fungsi) Dishub," ungkap Didi saat dihubungi Ayobandung.com, Sabtu (6/2/2021).

Meski demikian, dia mengatakan, saat ini pihaknya tengah memperbaiki beberapa bagian jembatan tersebut. Salah satunya adalah menambal anak-anak tangga yang telah pecah. Selain itu, rencananya guardrail pun akan dibenahi.

"Sekarang sedang diperbaiki, kemarin DPU dapat perintah dari pimpinan untuk memperbaiki. Senin atau Selasa juga sudah beres guardrail-nya," ungkapnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA