Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Vitamin C dan Manfaatnya yang Luar Biasa untuk Tubuh

Ahad 07 Feb 2021 08:22 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Vitamin C adalah nutrisi yang efektif dan aman untuk menjaga kesehatan.

Vitamin C atau asam askorbat merupakan nutrisi yang sangat efektif dan paling aman untuk membuat kesehatan terjaga. Sayangnya, tubuh tidak dapat menyimpan vitamin yang larut dalam air ini. Karenanya, tubuh perlu memenuhi asupan vitamin C secara rutin setiap hari.

Dilansir dari NHS, orang yang berusia antara 19 - 64 tahun setidaknya butuh asupan vitamin C sekitar 40 mg setiap harinya. Kebutuhan akan asupan vitamin C tadi bisa didapat dengan menerapkan pola makan sehat yang seimbang. Termasuk memilih bahan makanan yang kaya akan kandungan vitamin C.

Sebagian besar makanan yang kaya akan kandungan vitamin C bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayur segar. Beberapa di antaranya seperti buah jeruk, stroberi, paprika, brokoli, hingga kentang.

Para ahli menyarankan supaya setiap orang mengonsumsi 5 porsi sayur dan buah-buahan setiap hari. Agar kebutuhan akan asupan vitamin dan mineral bisa terpenuhi. Berikut sejumlah manfaat luar biasa dari vitamin C yang bisa dirasakan tubuh, diantaranya.

 

1. Mengurangi risiko stres oksidatif 

bahagia

Dilansir dari Web MD, tubuh yang mengalami defisiensi vitamin C bisa mengalami berbagai penyakit. Terutama penyakit yang berkaitan dengan stres oksidatif yang diakibatkan jumlah radikal bebas yang tinggi dalam tubuh. 

Tak heran, jika perokok, penderita obesitas dan juga peminum alkohol dengan tingkat stres oksidatif yang cukup tinggi umumnya disarankan untuk mengonsumsi vitamin C. Perlu diketahui bahwa, stres oksidatif sangat berpengaruh pada kesehatan secara menyeluruh. Karenanya, tubuh perlu mendapatkan asupan vitamin C secara rutin.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sejumlah penelitian menunjukkan jika mengonsumsi vitamin C dapat mencegah terjadinya komplikasi serius. Asupan vitamin C yang cukup mampu membuat daya tahan tubuh meningkat. Sehingga tubuh jadi lebih kebal terhadap serangan berbagai penyakit, seperti flu, salesma, pneumonia hingga infeksi saluran pernapasan.

Meski vitamin C bukanlah obat, tapi terdapat bukti yang menunjukkan jika mengonsumsi vitamin C ketika sedang mengalami flu atau selesma, bisa menurunkan risiko terjadinya komplikasi. Terutama di saluran pernapasan seperti pneumonia hingga infeksi pada organ paru-paru.

Baca Juga: 4 Vitamin Terbaik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Selama Pandemi

3. Menurunkan risiko stroke

stroke

Sebuah studi yang dirilis oleh American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, bahwa risiko stroke justru jauh lebih rendah pada seseorang yang jumlah vitamin C dalam darah-nya cukup tinggi. Para ahli menyebut, jumlah vitamin C yang tinggi dalam darah berhubungan dengan kebiasaan mengonsumsi buah dan sayur.

Kebiasaan tersebut bukan hanya menurunkan risiko stroke saja. Tetapi juga mampu mengoptimalkan kebutuhan serat, vitamin, hingga sejumlah mineral penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.

4. Menghambat penuaan dini

Manfaat luar biasa dari vitamin C selanjutnya untuk tubuh ialah menghambat penuaan dini. Tentu manfaat yang satu ini tak boleh disia-siakan begitu saja, bukan? Senyawa antioksidan yang terkandung pada vitamin C berperan penting dalam proses regenerasi sel baik di dalam maupun di luar tubuh.

Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi vitamin C secara rutin mampu memperlambat munculnya keriput dan melembabkan kulit yang kering. Sehingga hal ini membuat penampilan jadi lebih prima. Tak hanya itu, perawatan kulit dengan produk yang berbasis vitamin C telah terbukti mampu mengurangi kerutan yang menjadi biang penuaan dini.

Baca Juga: Selain untuk Kesehatan Tulang, Ini 9 Manfaat Luar Biasa Vitamin D!

5. Menyehatkan mata

menyehatkan mata

Dilansir dari Verywell Health, vitamin C bukan hanya bermanfaat bagi tubuh tapi juga berperan dalam Menyehatkan mata.

Sejumlah penelitian membuktikan, kurangannya asupan vitamin C bisa memicu degenerasi makula. Sebuah kondisi dimana kualitas penglihatan mengalami penurunan akibat penuaan.

Tak hanya sampai di situ, mengonsumsi vitamin C secara rutin juga mampu mencegah risiko beberapa jenis katarak.

6. Menjaga tekanan darah dalam kondisi yang stabil

Manfaat selanjutnya dari vitamin C yang tak boleh dianggap sepele ialah tubuh menjaga tekanan darah penderita hipertensi tetap terkontrol.

Sebuah studi yang dilakukan Johns Hopkins University, menyebutkan bahwa konsumsi vitamin C hingga 500 mg secara rutin tiap hari dapat menstabilkan tekanan darah sistolik.

Sejumlah ahli menyebut, vitamin C yang dikonsumsi dalam dosis yang tinggi tersebut memiliki efek diuretik. Dimana kondisi tersebut mendorong keluar kelebihan cairan yang ada di dalam tubuh. Sehingga, hal tersebut turut membantu membuat tekanan darah turun secara alami.

7. Membuat penyembuhan pada infeksi dan luka lebih cepat

menyembuhkan luka

Melansir dari situs Medical News Today, vitamin C juga sangat bermanfaat untuk tubuh dalam membantu penyembuhan luka lebih cepat. Hal ini karena kontribusi vitamin C dalam proses produksi kolagen.

Dimana kolagen menjadi komponen yang cukup penting, terutama dalam pembentukan jaringan otot, ligamen, kulit, tendon, kornea, usus, tulang, hingga pembuluh darah. Tak hanya itu, senyawa antioksidan yang ada dimiliki vitamin C ternyata cukup ampuh menjaga tubuh dari serangan infeksi.

Jangan Lupa Penuhi Kebutuhan Vitamin C agar Kesehatan Selalu Terjaga 

Ternyata manfaat vitamin C cukup banyak dan tidak bisa dianggap remeh. Dari mulai meningkatkan kekebalan tubuh hingga mempercepat penyembuhan luka, semuanya bisa didapatkan dari asupan vitamin C yang cukup. 

Itulah sebabnya, pastikan tubuh selalu mendapatkan asupan yang cukup dan seimbang. Bisa dari sayur dan buah-buahan yang ada di sekitar kita, seperti buah jeruk, stroberi, brokoli dan banyak lagi yang lainnya. Pastikan, jangan lupa jaga kesehatan selalu!

Baca Juga: Ini Dia Vitamin dan Mineral yang Dibutuhkan Ibu Hamil

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA