Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Perjalanan Karier Dinda Hauw, Aktris Surat Kecil Untuk Tuhan

Ahad 07 Feb 2021 07:35 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Dinda Hauw, karier dan bisnis

Dinda Hauw, karier dan bisnis

Dinda Hauw ternyata artis muda yang jago berbisnis dan berkarier.

Karier Dinda Hauw semakin moncer sebagai salah satu bintang film dan sinetron. Walau masih muda belia, berbagai judul sinetron, FTV, dan film telah dijajalnya dengan apik.

Kian naik daun, Dinda tak hanya sukses dalam berkarier, ia juga berhasil mendapat gelar sarjana di bidang pendidikan. Selain itu, wanita kelahiran Palembang, 14 November 1996 tersebut telah menikah dengan pujaan hatinya.

Tak mudah meniti karier selama 13 tahun dalam seni peran. Kendati begitu, ia berhasil menorehkan prestasinya dengan perjuangan. Di tahun 2012, ia juga berhasil menerima penghargaan dari Indonesian Movie Award sebagai Aktris Pendatang Baru Terfavorit.

Baca Juga: Dari Aktris Cilik Hingga Jadi Bintang Remaja, Begini Perjalanan Karier Noona Ranty Maria

Meniti Karier Sejak Remaja

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Dinda Hauw (@dindahw)

Pemilik nama lengkap Nyimas Khodijah Nasthiti Adinda ini terjun ke dunia entertainment sejak masih berumur 11 tahun. Debut perdananya dilakukan pada tahun 2007, ketika ia tampil dalam sinetron berjudul Monyet Cantik.

Agar pendidikan dan karier dapat berjalan beriringan, Dinda bahkan mengikuti homeschooling dan belajar dari rumah. Semua itu semata-mata agar jadwal syutingnya tidak saling mengganggu dengan waktu belajar.

Namanya kian dikenal masyarakat setelah bermain dalam Surat Kecil Untuk Tuhan (2011). Saat itu, putri pasangan Kemas Muhammad Syafei Herman dan Hulwati Husna ini rela menggunting habis rambutnya demi tuntutan perannya. Dalam film ini, Dinda juga beradu akting dengan aktor senior Alex Komang.

Makna di Balik Nama Hauw

Totalitas akting Dinda Hauw membuat namanya kian melambung. Namun jarang ada yang tahu makna di balik penggunaan nama Dinda Hauw. Ia menggunakan nama panggung tersebut bukan tanpa sebab.

Ternyata Hauw ialah sebuah singkatan dari "Herman Adalah Untuk Wati". Rupanya, dua sosok Herman dan Wati yang dimaksud adalah nama dari orang tuanya.

Jadi Bintang di Layar Kaca

Sejak kemunculan perdananya, karier Dinda kian cemerlang. Sepupu dari salah satu member JKT48, Dwi Putri Bonita, ini sudah membintangi banyak sinetron dan FTV. Di tahun 2007, ia membintangi Monyet Cantik yang kemudian dibuatkan sekuel keduanya, Monyet Cantik 2 (2013).

Tahun 2014, ia bermain dalam serial Ayah, Mengapa Aku Berbeda?. Sementara itu, sinetron Aku Anak Indonesia juga ikut menampilkan Dinda pada tahun 2015. Memasuki 2017, ia melakoni Mawar Dan Melati serta Orang-Orang Kampung Duku.

Demikian juga pada tahun berikutnya, ia menjadi bintang untuk sinetron Cinta Suci hingga Siapa Takut Jatuh Cinta. Adapun pada tahun 2019, ia bermain dalam Anak Langit dan Merindu Baginda Nabi. Sedangkan sejak tahun lalu hingga 2020 ini, ia menampilkan aktingnya yang memukau dalam Jangan Panggil Gue Pak Haji.

Baca Juga: 8 Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Indonesia

Bersinar Lakoni FTV

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Dinda Hauw (@dindahw)

Dalam ranah FTV, nama Dinda Hauw juga tak kalah populer. Ia sudah menjajal deretan judul film televisi dengan berbagai kisah seru dan menarik. Di antaranya seperti Cinta Semanis Rainbow Cake, Jurus Naga Cinta serta Love Cupcakes Buat Okan di tahun 2012.

Terus mengasah kemampuan aktingnya, ia juga bermain dalam Upik Abu Cinderella, La Maison du Bajigur, Pendekar Silat Cinta, serta Ojek Pengantar Cinta (2012). Sementara di tahun berikutnya, ia melakoni Supermoon Untuk Bulan serta Ngojek Demi Cinta.

Sejumlah judul FTV lain juga ikut menampilkannya, seperti Janji Si Preman Kampus, Tajir-Tajir Jadi Pembantu dan Karla & 3 Kebaikan. Ia pun membintangi Ten Million Dollar Man di tahun 2016.

Selain itu, ia juga ikut melakoni TV Movie berjudul Izinkan Aku Mencium Kakimu Ibu dan Pacar Idaman pada tahun 2017. Sedangkan di tahun 2019, ia sempat bermain dalam TV Movie bertajuk Cinta Hati.

Menjajal Peran ke Layar Lebar

Dinda semakin giat bekerja sejak sang ayah berpulang akibat gagal ginjal. Ia menjadi tulang punggung dan membantu perekonomian keluarga sejak tahun 2016.

Berkat bakat aktingnya yang mumpuni, ia pun telah berhasil merambah layar lebar. Semakin naik daun, ia diketahui pernah membintangi Semesta Mendukung dan Ayah, Mengapa Aku Berbeda? di tahun 2011.

Kemudian di tahun 2012, ia kembali muncul dalam film berjudul Seandainya. Memasuki 2013, ia bermain dalam Manusia Setengah Salmon. Sedangkan film Terbang: Menembus Langit (2018) dan Say I Love You (2019) juga ikut ia lakoni.

Jadi Aktris Berprestasi

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Dinda Hauw (@dindahw)

Dengan keahliannya dalam seni peran, wanita lulusan Universitas Bina Nusantara (Binus) ini tak hanya mendapat ketenaran dan uang. Ia juga berhasil meraih apresiasi bergengsi.

Pada tahun 2011 lalu, namanya menjadi nominator Festival Film Indonesia (FFI) Pemeran Utama Wanita Terbaik. Kemudian di tahun 2012, Dinda menyabet penghargaan bergengsi Aktris Pendatang Baru Terfavorit dari Indonesian Movie Award.

Perjalanan Spiritual Hingga Kenakan Berhijab

Sejak beberapa waktu belakangan, Dinda tampak beda dalam penampilannya. Ia memutuskan untuk hijrah dan mengenakan hijab setelah dihantui mimpi buruk yang mengingatkannya akan kematian.

Keputusan berhijab diambil Dinda mengingat sudah bagian dari kewajibannya untuk menutupi aurat sebagai muslimah. Baginya, hal itu lebih penting dari apapun.

Meski begitu, ia tak takut kehilangan pekerjaan atau sepi job. Ia yakin, rezekinya sudah diatur Sang Pencipta.

Dan terbukti, dengan penampilannya yang kini sudah lebih tertutup, ia tetap berhasil mendapat job. Ia bahkan masih sibuk syuting untuk berbagai proyek terbarunya.

Tak hanya itu saja, Dinda juga termasuk sosok yang mengutamakan integritas. Ia pernah terpaksa menolak untuk bermain di sejumlah film lantaran skenarionya.

Pasalnya, beberapa film tersebut mengharuskannya melakukan adegan berciuman dengan lawan main. Merasa tak nyaman dan tak sesuai dengan nuraninya, ia pun menolaknya.

Pernikahan Taaruf dengan Rey Mbayang

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Dinda Hauw (@dindahw)

Secara mengejutkan, Dinda melepas masa lajang pada 10 Juli 2020 lewat pernikahan taaruf dengan Rey Mbayang. Pernikahan tersebut menghebohkan publik lantaran dilangsungkan tanpa proses pendekatan dan berpacaran. 

Adapun proses taaruf itu berlangsung selama kurang lebih dua bulan. Rey dikabarkan berumur dua tahun lebih muda, sehingga sang istri sempat menolaknya. Namun karena Rey gigih dan tampak bersungguh-sungguh, hati Dinda pun akhirnya luluh.

Pernikahan Dinda Hauw dan Rey Mbayang diketahui berlangsung secara private serta virtual di bilangan Cipayung, Jakarta Timur. Mengingat pandemi yang tengah melanda, momen bahagia tersebut hanya dihadiri oleh keluarga inti serta sahabat terdekat dari kedua mempelai.

Sebelum akhirnya menikah muda, Dinda sempat dikabarkan memiliki kedekatan khusus dengan beberapa public figure lainnya. Kedekatannya dengan beberapa aktor ganteng sempat menarik perhatian fans.

Selain dirumorkan pernah punya hubungan istimewa dengan Mischa Chandrawinata, Aldy Maldini, ia juga disebut pernah menjalin kasih dengan Renald Ramadhan. Rumornya, sempat pula terjalin asmara antara Dinda dengan aktor tampan Rizky Billar. Namun belakangan, Dinda mengungkap kedekatan mereka hanya sebagai sahabat.

Merambah Dunia Bisnis

Kini Dinda masih disibukkan dengan kariernya sebagai aktris. Ia juga tampak tengah menikmati kehidupan rumah tangganya dan berbahagia sebagai istri.

Tadinya, mereka tinggal berdua di apartemen. Namun keduanya lantas merenovasi rumah dua lantai mereka dan menambahkan tingkat ketiga. 

Hunian tersebut sengaja dibuat demikian lantaran Dinda senang mengajak anggota keluarga yang lain untuk mampir. Uniknya, rumah yang luas nan megah itu juga dilengkapi dengan ruangan khusus untuk pembuatan konten endorsement.

Selain menjadi Brand Ambassador untuk kosmetik Wardah, Dinda kerap membagikan momen kebersamaan dengan suami tercinta lewat vlog di kanal YouTube mereka, Rein TV.

Selain itu, ia juga giat mempromosikan bisnisnya, Dein Official, yang bergerak di bidang fashion and design. Terutamanya, bisnis tersebut menawarkan berbagai produk busana muslimah seperti pashmina, gamis, hijab, dan lainnya. 

Pertahankan Integritas dalam Berkarier

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Dinda Hauw (@dindahw)

Seringkali tuntutan hidup mengharuskan sejumlah orang untuk lebih giat bekerja. Sehingga tak jarang, banyak yang tak mempertahankan integritas mereka sehingga menghalalkan segala macam cara.

Namun perjalanan karier Dinda Hauw merupakan contoh yang positif. Cara yang berkah di jalan yang lurus dalam mengais rezeki akan lebih berkenan. Mempertahankan integritas yang benar di mata Sang Pencipta akan memberi ketentraman batin yang tak dapat dibeli dengan materi.

Baca Juga: Tetap Low Profile Meski Sudah Tenar, Begini Perjuangan Lesti Andryani Mewujudkan Impiannya

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA