Ahad 07 Feb 2021 03:12 WIB

Menparekraf Gandeng Akademisi Garap Potensi Ekonomi Desa

Akademisi dinilai memiliki kemampuan untuk mengembangkan desa-desa tujuan wisata.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan
Menparekraf Sandiaga Uno
Foto: Pemprov Babel
Menparekraf Sandiaga Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengajak akademisi untuk kolaborasi bersama menggarap potensi ekonomi desa di Indonesia. Menurutnya, akademisi memiliki kemampuan untuk mengembangkan desa-desa tujuan wisata.

"Harapannya mahasiswa dan mahasiswi ini bisa ikut berkontribusi membangun SDM masyarakat di pedesaan, menggali potensi ekonomi di desa dan juga membuka luas lapangan kerja," kata Sandiaga dalam keterangan, Sabtu (6/2).

Baca Juga

Dia mengatakan, lembaga pendidikan tingkat universitas memiliki program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dia melanjutkan, mahasiswa diharapkan dapat menyasar desa-desa guna mengembangkan potensi penduduk lokal terkait pengembangan wisata kreatif.

Sandiaga menilai, dengan begitu maka mahasiswa akan lulus bisa memiliki daya kreativitas dan entrepreneurship dalam rangka membangun diri mereka sendiri dan masyarakat. Hal tersebut disampaikan Sandiaga dalam sebuah diskusi antara dengan jajaran rektorat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

"Semoga kolaborasi ini bisa menjadi satu event yang merupakan bagian dari pengembangan pariwisata yang menyasar salah satu yang kita kembangkan yakni desa wisata," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement