Sabtu 06 Feb 2021 10:39 WIB

Firmanzah, Dekan Muda yang Menerobos Senioritas di UI

Firmanzah wafat dalam usia 44 pada Sabtu (6/2).

Prof Firmanzah PhD, guru besar Universitas Indonesia.
Foto: ist
Prof Firmanzah PhD, guru besar Universitas Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) Saleh Husin menyampaikan rasa duka cita mendalam atas meninggalnya salah satu guru besar UI Prof Firmanzah, PhD. Firmanzah wafat dalam usia 44 pada Sabtu (6/2).

"Kami civitas akademika Universitas Indonesia merasa kehilangan seorang putra terbaiknya. Prof Firmanzah merupakan salah satu guru besar yang dikenal secara luas di masyarakat dan pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dalam usia yang sangat muda yaitu 32 tahun," kata Saleh Husin.

Baca Juga

Firmanzah saat ini menjabat sebagai rektor Universitas Paramadina. Pria asal Kota Pahlawan, Surabaya, ini terkenal ketika di usia 32 tahun, ia berhasil menjadi dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI). Firmanzah menjadi dekan pada fakultas tersebut untuk periode 2009-2013.

Sebagai akademisi, terpilihnya Fiz (panggilan akrab Firmanzah) sebagai dekan menerobos senioritas dalam tubuh Universitas Indonesia. Fiz terpilih sebagai dekan pada 14 April 2008. Fiz berhasil mengungguli Prof. Sidarta Utama Ph. D., CFA dan Arindra A. Zainal Ph. D. sebelum akhirnya benar-benar terpilih.

"Beliau meninggal dunia tadi pagi, Sabtu 6 Februari 2021. Begitu saya mendapat kabar di group WhatsApp, saya langsung telepon Humas UI untuk memastikan berita kematian tersebut dan dijawab benar," kata Saleh Husin.

Banyak karya dan kenangan telah Prof Firmanzah torehkan dalam mengharumkan FEB UI. "Selamat jalan Prof Firmanzah, PhD semoga diberikan tempat yang mulia disisi-Nya dan diampunkan segala dosanya serta diterima segala amal ibadahnya, juga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran. Amin," ujar Saleh Husin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement