Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

8 Rahasia Sholat Subuh yang Kerap Terlewatkan Umat Islam

Sabtu 06 Feb 2021 05:58 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat 8 rahasia sholat Subuh yang kerap terlewatkan oleh umat Islam. Sholat subuh berjamaah (Ilustrasi)

Terdapat 8 rahasia sholat Subuh yang kerap terlewatkan oleh umat Islam. Sholat subuh berjamaah (Ilustrasi)

Terdapat 8 rahasia sholat Subuh yang kerap terlewatkan oleh umat Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sholat merupakan rukun Islam kedua setelah bersyahadat. Sebagai seorang Muslim hendaknya taat dan istiqamah dalam menjalankan sholat.

Namun sebagai seorang manusia terkadang kita lalai termasuk dalam menjalankan sholat. Terutama untuk menjalankan sholat Subuh biasanya karena bangun terlambat. 

Namun jika Muslim memahami pentingnya sholat subuh maka pasti banyak orang yang akan terus menjalankannya. Rasulullah SAW bersabda: 

إنَّ أَثْقَلَ صَلَاةٍ علَى المُنَافِقِينَ صَلَاةُ العِشَاءِ، وَصَلَاةُ الفَجْرِ، ولو يَعْلَمُونَ ما فِيهِما لأَتَوْهُما ولو حَبْوًا “Sesungguhnya sholat yang paling berat bagi seorang munafik adalah sholat isya’ dan sholat subuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dengan merangkak.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Sholat Subuh memiliki beberapa rahasia yang jika kita konsisten menjalankannya maka akan mendapat keberkahannya. Yang pertama, sholat Subuh disaksikan malaikat. Dalam alquran Al-Isra ayat 78 dijelaskan: 

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا "Laksanakanlah salat sejak matahari tergelincir sampai gelapnya malam dan (laksanakan pula sholat) Subuh. Sungguh, sholat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).”

Mengomentari ayat tersebut, Abu Bakar Ibn al-Araby mengatakan bahwa, Allah SWT mengistimewakan sholat Subuh dari keseluruhan sholat. Inilah mengapa dalam ayat tersebut Allah bersumpah atas waktu Subuh.    

Kedua, sholat Subuh setara dengan sholat sepanjang malam. Ketiga, selalu dalam lindungan Allah SWT dan Allah telah menjaminnya. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA