Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Angkatan Laut Ottoman Terkuat, Mengapa Sektor Itu Diperkuat?

Sabtu 06 Feb 2021 05:45 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Ottoman memperkuat armada militer angkatan Laut hingga jadi terkuat. Ilustrasi Kesultanan Ottoman

Ottoman memperkuat armada militer angkatan Laut hingga jadi terkuat. Ilustrasi Kesultanan Ottoman

Foto: pinterst
Ottoman memperkuat armada militer angkatan Laut hingga jadi terkuat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  Kesultanan Ottoman atau Utsmaniyah memiliki kecenderungan yang besar terhadap angkatan laut. Armada angkatan laut Kesultanan tersebut telah melewati tahapan demi tahapan yang berbeda sepanjang sejarah Kesultanan Ottoman selama hampir 600 tahun.

Dilansir dari Mawdoo, armada angkatan laut Kesultanan Turki Utsmani meraih banyak kemenangan dan prestasi yang gemilang. Lewat kekuatan di laut itulah mereka bisa mengontrol banyak pelabuhan, selat, dan pulau-pulau yang berada di lokasi strategis.

Karena itu, armada angkatan laut Kesultanan Ottoman menjadi armada angkatan laut paling kuat pada abad ke-15 dan ke-16. Lantas mengapa Kesultanan Ottoman lebih cenderung memperkuat angkatan laut? Berikut ini adalah alasannya.

1. Menjaga kawasan perbatasan Ottoman 

Kesultanan Ottoman ada di kawasan strategis yang terhubung ke wilayah lain seperti Eropa dan Asia. Jadi, dengan memperkuat angkatan laut, maka akan mampu mengamankan perbatasan wilayah kekuasaan Turki Utsmani.

2. Untuk merebut wilayah strategis 

Misalnya merebut wilayah kekuasaan Konstantinopel. Sebab selama beberapa periode, Turki Utsmani kesulitan untuk merebut wilayah Konstantinopel. Hingga akhirnya Muhammad Al-Fatih mampu merontokkan kepungan musuh karena didukung oleh armada angkatan laut yang kuat.

3. Untuk bersaing dengan negara Lain 

Venesia dan orang selatan harus sangat waspada terhadap kekuatan armada angkata laut Kesultanan Ottoman. Karena armada laut Ottoman lebih unggul dari armada-armada laut yang dimiliki negara lain.

Terlebih, armada laut Ottoman mampu mengendalikan pulau-pulau di Mediterania dan Laut Hitam serta mengendalikan negara-negara penting. Seperti Bulgaria, Serbia, hingga mencapai Italia. Kekuatan laut Ottoman ini jugalah yang berkontribusi aktif dalam menggulingkan kekuasaan Mamluk di Mesir.

Sumber: Mawdoo3 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA