Sabtu 06 Feb 2021 00:01 WIB

Infografis Kronologi Terungkapnya Status WN AS Orient P Riwu

Bupati terpilih Sabu Raijua, Orient P Riwu diketahui berkewarganegaraan AS.

Foto: Infografis Republika.co.id
Kronologi Terungkapnya Status WN AS Orient P Riwu

REPUBLIKA.CO.ID, Status kewarganegaraan Orient P Riwu Kore, yang menjadi Bupati Sabu Raujua terpilih terungkap setelah Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua menerima surat balasan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) tertanggal 1 Fabruari 2021. Surat itulah yang menginformasikan atas nama Orient Patriot Riwukore adalah benar warga Amerika.

5 September 2020

 
Bawaslu Sabu Raijua mengirim surat kepada Kepala Kantor Imigrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) perihal permintaan data kewarganegaraan bakal calon bupati dan wakil bupati.

 

Kantor Imigrasi NTT membalas surat Bawaslu Sabu Raijua lima hari berselang dengan menyatakan, yang bersangkutan benar WNI, tetapi surat ini ditarik kembali oleh Kantor Imigrasi kelas I TPi Kupang dengan alasan masih dalam proses koordinasi dengan instansi terkait.

10 September 2020

Bawaslu Kabupaten Sabu Raijua menyurati Kedubes AS di Jakarta yang pada pokoknya meminta kerja sama untuk mengecek status kewarganegaraan Orient P Riwu Kore. Di tanggal yang sama, surat juga disampaikan kepada Direktorat Lalulintas Keimigrasian perihal permintaan data kewarganegaraan, tetapi belum ada jawaban.

15 September 2020

Bawaslu Sabu Raijua kembali menyurati Kedubes AS terkait permohonan informasi data kewarganegaraan Orient P Riwu Kore.

16 September 2020 dan 21 Oktober 2020

 
Bawaslu Sabu Raijua mengirimkan surat kepada Direktur Direktorat Jendral Administrasi Hukum Umum Kemenkumham perihal permohonan informasi data kewarganegaraan, tetapi belum ada jawaban.

19 Oktober 2020

Bawaslu Sabu Raijua kembali mengirimkan surat kepada Direktorat Lalu Lintas Keimigrasian perihal permintaan bantuan mengecek serta keterangan terkait status kewarganegaraan Orient, tetapi belum ada jawaban.

18 November 2020

Bawaslu Sabu Raijua bersurat kepada Direktur Sistem Teknologi Informasi Keimigrasian, tetapi belum ada jawaban.

 
9 Januari 2021

Ketua Bawaslu Sabu Raijua Yudi Tagi Huma melakukan percakapan dengan pihak Kedubes AS melalui email pribadi perihal permohonan penjelasan terkait surat Bawaslu sebelumnya.

22 Januari 2021

Kedubes AS menjawab email pribadi ketua Bawaslu Sabu Raijua. Secara resmi, Kedubes AS menyampaikan surat balasan ke Bawaslu Sabu Raijua pada 1 Februari yang menyatakan Orient Patriot Riwukore adalah benar warga Amerika Serikat.

3 Februari 2021

Bawaslu bersurat kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri, Dirjen Protokol dan Konsuler, Dirjen Amerika dan Eropa perihal informasi keabsahan surat Kedubes AS yang menjelaskan status kewarganegaraan Orient Patriot Riwukore tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement