Jumat 05 Mar 2021 05:07 WIB

3 Ulama Tafsir Berbasis Riwayat

Perkembangan ilmu tafsir Alquran sangatlah dinamis.

Foto: republika
Ulama tafsir berbasis riwayat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, 3 Ulama Tafsir Berbasis Riwayat

Perkembangan ilmu tafsir Alquran sangatlah dinamis. Pada masa kodifikasi ilmu tafsir, yang dimulai pada era Bani Umayyah dan permulaan Dinasti Abbasiyah, pembahasan tafsir Alquran sudah mulai dipisah dari disiplin hadis dan dibukukan secara terpisah menjadi satu buku tersendiri. Berikut ini jejak terakhir para imam mufasir bi al-ma’tsur (berbasis riwayat):   

>Imam at-Thabari

Tokoh yang wafat pada 923 M/310 H ini mengarang Jami’ al-Bayan fi Ta’wil Ayy al-Qur’an. Tafsir yang lebih dikenal dengan Tafsir at-Thabari ini menjadi rujukan para ulama pada masa berikutnya, seperti al-Baghawi, as-Suyuthi, dan juga Ibnu Katsir.

> Ibnu Katsir

Lahir di Busra 1301 M di Busro, Suriah dengan karya Tafsir al-Quran al-Azhim atau Tafsir Ibn Katsir. Dikenal juga sebaga sejarawan lewat karyanya al-Bidayah wa an-Nihayah. Ibnu Katsir wafat pada 1372 M di Damaskus Suriah. 

>As-Suyuthi

Di antara karyanya di bidang tafsir adalah kitab ad-Durr al-Mantsur fi Tafsir bi al-Ma’tsur. Kitab tokoh kelahiran Kairo, pada 849 H/ 1445 M ini di bidang Alquran adalah al-Itqan fi ‘Ulum al-Alquran.

Pengolah: Nashih Nashrullah

Sumber: Dari berbagai sumber

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement