Jumat 05 Feb 2021 19:46 WIB

Legenda Persib Buka Akademi Sepak Bola di Cimahi

Akademi sepak bola Robby dibuka di lingkungan militer.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Irfan Fitrat
Legenda Persib Bandung, Robby Darwis.
Foto: Republika/Yogi Ardi
Legenda Persib Bandung, Robby Darwis.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Legenda klub Persib Bandung, Robby Darwis, membuka akademi sepak bola. Akademi ini diharapkan dapat memunculkan bibit-bibit baru pemain sepak bola berkualitas.

Akademi sepak bola yang dinamakan “Robby Darwis Football Academy” ini dibuka di Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) AD, Kota Cimahi. “Saya optimistis bisa memberi kontribusi yang bagus bagi pemain yang ingin maju dan mencari bibit-bibit untuk klub dan juga tim nasional,” kata dia, yang juga mantan pemain tim nasional Indonesia itu, Jumat (5/2).

Dalam membuka akademi sepak bola ini, Robby mengaku mendapat dukungan penuh dari Pusdikpom. Berbagai fasilitas pendukung disediakan, seperti lapangan, fasilitas kebugaran, juga mes.

Menurut dia, kenyamanan peserta akademi menjadi salah satu fokus utamanya. Terlebih, kata dia, tak jarang pemain muda yang berasal dari luar daerah, yang juga mengambil pendidikan umum. “Jadi, kita kerja sama dengan SMP dan SMA untuk siswa, termasuk hingga antar-jemputnya juga siap, jadi bukan asal bikin akademi,” ujarnya.

Robby membuka akademi ini untuk peserta kelompok usia 9-10 tahun dan 16-17 tahun. Setelah itu, kata dia, rencananya dibuat program berkelanjutan, sehingga para peserta akademi bisa diteruskan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan lebih jauh.

Ia meyakini, dengan membuka akademi di lingkungan militer ini, dapat menguatkan mental dan karakter para pemain muda, yang bisa mendukungnya saat memasuki dunia sepak bola profesional. “Kalau di sini khusus ya, karena berada di kompleks militer, jadi terjaga kedisiplinannya,” kata Robby.

Untuk membantunya menjalankan akademi, Robby menggandeng sejumlah mantan pemain Persib Bandung. “Untuk pelatih saya mengambil dari mantan Persib yang memang bisa bantu saya,” ujar dia.

Beberapa di antaranya disebut Yudi Guntara, Asep Sumantri, Anwar Sanusi, Cecep Supriatna, dan Dede Iskandar. “Mereka juga dengan senang hati ingin memajukan akademi dan membagi pengalaman bagi siswa di sini,” kata Robby.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement