Jumat 05 Feb 2021 17:31 WIB

Dorong Indeks Pendidikan, Pemkot Gulirkan Beasiswa Wali Kota

Kerjasama ini menyangkut pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Rektor Universitas Nusa Putra Kurniawan menjalin kerjasama dalam program Beasiswa Wali Kota di Balai Kota Sukabumi, Jumat (5/2).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Rektor Universitas Nusa Putra Kurniawan menjalin kerjasama dalam program Beasiswa Wali Kota di Balai Kota Sukabumi, Jumat (5/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemerintah Kota Sukabumi menggulirkan program beasiswa pendidikan untuk program sarjana yakni Beasiswa Wali Kota. Di mana dari setiap kelurahan nantinya bisa lahir satu kelurahan satu sarjana.

Hal ini disampaikan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di sela-sela melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama antara Pemkot Sukabumi dan Universitas Nusa Putra di Balai Kota Sukabumi, Jumat (5/2). Kerjasama dalam bidang pendidikan ini terkait pemberian program Beasiswa Wali Kota untuk warga Kota Sukabumi.

Pada kesempatan ini hadir Rektor Universitas Nusa Putra Kurniawan, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi Cecep Mansur, Asda 1 Bidang Pemerintahan Tejo Condro Nugroho, dan Kepala BKPSDM Asep Suhendrawan. "Kami dengan Universitas Nusa Putra menyepakati kerjasama banyak hal khususnya pendidikan di dalamnya Beasiswa Wali Kota untuk warga Kota Sukabumi," ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi seluruh warga dari 33 kelurahan dipilih satu kelurahan satu calon mahasiawa. Hal ini terjadi karena kolaborasi antara pemda dan Universitas Nusa Putra. Nantinya Pendaftaran akan dibuka di kecamatan dan kelurahan serta teknisnya akan disampaikan kepada warga.

 

Sehingga kata Fahmi, pemkot mengucapkan terimakasih kepada Nusa Putra yang berkolaborasi dalam peningkatan indeks pendidikan di Kota Sukabumi. Di mana nantinya dari satu kelurahan siapkan calon mahasiswa dan akan melahirkan sarjana kompeten serta bebas menentukan pilihan di fakultas mana pun dan dibiayai dari awal sampa akhir. "Semangatnya Kota Sukabumi sebagai pusat jasa di bidang pendidikan, dengan kerjasama sebagai payung utama ditindaklanjuti dengan kerjasama yang lainnya," imbuh Fahmi. Kerjasama ini didasari pemerintah tidak bisa sendiri akan tetapi membutuhkan dukungan sesuai konsep pentahelix, di mana dunia pendidikan masuk dalam salah sati elemen ABCGM.

Rektor Universitas Nusa Putra Kurniawan mengatakan, kerjasama ini menyangkut pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Di antaranya pemberian beasiswa wali kota kepada warga Kota Sukabumi.

Beasiswa ini kata Kurniawan, sebagai wujud mendukung penuh visi misi wali kota dalam melahirkan generasi lebih kompetitif. Selain itu dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement