Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Gambaran Fisik dan Karakter Sifat Rasulullah SAW yang Agung

Jumat 05 Feb 2021 15:18 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Rasulullah SAW adalah sosok sempurna fisik dan karakternya. Rasulullah SAW (ilustrasi)

Rasulullah SAW adalah sosok sempurna fisik dan karakternya. Rasulullah SAW (ilustrasi)

Foto: republika
Rasulullah SAW adalah sosok sempurna fisik dan karakternya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sifat Rasulullah SAW telah banyak diceritakan  orang-orang yang pernah bersama beliau. Dengan mengetahui sifat beliau, umat Islam pun bisa mengetahui karakter dan jati diri beliau yang sangat mulia.

Dalam buku “Mengintip Keseharian Rasulullah” yang diterjemahkan dari Yaumun fi Baiti ar-Rasul SAW karya Abdul Malik bin Muhammad Al-Qasim dijelaskan, Nabi SAW adalah seseorang yang memiliki sifat pemalu, hingga Abu Sa’id al-Khudri pernah berkata seperti ini:

Baca Juga

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أشدَّ حياءً مِن العذراء في خدرها وكان إذا كره شيئًا عرفه الصَّحابة في وجهه “Beliau lebih pemalu dari seorang gadis yang dipingit. Jika beliau tidak menyukai sesuatu, kami langsung bisa mengetahuinya dari raut wajahnya.” (HR Bukhari).

Selain itu, Rasulullah SAW juga sangat baik akhlaknya. Diriwayatkan dari Barra’ bin Azib, dia berkata: 

عن البراء بن عازب رضي الله عنه قال : كان النبي صلى الله عليه وسلم أحسن الناس وجهاً، وأحسنهم خلقاً، ليس بالطويل البائن، ولا بالقصير

“Nabi SAW adalah manusia yang paling rupawan dan baik akhlaknya, tidak terlalu tinggi, tidak pula bertubuh pendek.” (HR Bukhari).

Masih dari Barra’ bin Azib, dia juga mengatakan tentang fisik Rasulullah SAW: 

كان النبي مربوعًا بعيد ما بين المنكبين، له شعر يبلغ شحمة أذنيه، رأيته في حلة حمراء لم أر شيئًا قط أحسن منه

 “Nabi SAW bertubuh sedang, berdada bidang, rambutnya menyentuh daun telinga bagian bawah. Aku pernah melihat beliau memakai pakaian merah, sungguh aku tidak pernah melihat orang yang lebih rupawan dari beliau.” (HR Bukhari).

Secara lebih rinci tentang Rasulullah SAW, juga terdapat riwayat dari Ibnu Ishaq as-Sabi’i bahwa ada seorang lelaki yang pernah bertanya kepada Barra’ bin Azib: 

سأل رجل البراء بن عازب: أكان وجه رسول الله مثل السيف؟ قال: لا بل مثل القمر “Apakah wajah Rasulullah itu seperti pedang?” Dia menjawab, “Tidak, justru wajah beliau seperti rembulan.” (HR Bukhari).

Sementara, dalam sebuah riwayat dari Anas bin Malik, dia berkata: 

وعن أنس رضي الله عنه قال:ما مسست بيدي ديباجًا ولا حريرًا، ولا شيئًا ألين من كف رسول الله ، ولا شممت رائحة أطيب من ريح رسول الله

“Tidak pernah aku menyentuh sutra yang lembutnya melebihi telapak tangan Rasulullah SAW, dan tidak pernah aku mencium aroma yang harumnya melebihi aroma Rasulullah SAW.” (Muttafaq Alaihi). 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA