Jumat 05 Feb 2021 13:33 WIB

Google akan Buat Fitur Antipelacakan untuk Android?

Perusahaan besar didorong untuk semakin menghormati provasi pengguna.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Sistem android. Ilustrasi
Foto: Ubergizmo
Sistem android. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Google dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan aplikasi seperti Tracking Transparency milik Apple dan menerapkannya di Android. Tracking Transparency ini direncanakan akan diberlakukan oleh Apple kepada pengembang.

Aplikasi ini menuntut pengembang meminta izin kepada pengguna jika akan melacak pengguna iOS di seluruh aplikasi dan situs web. Berita tersebut, pertama kali dilaporkan pada Kamis (28/1) oleh Bloomberg. Hal ini lantaran meningkatnya tekanan pada perusahaan teknologi besar, yang banyak didorong oleh Apple, untuk lebih proaktif guna melindungi privasi pengguna dengan lebih baik.

Baca Juga

Google tidak akan mengatakan apakah itu benar-benar bekerja pada ukuran privasi anti-pelacakan untuk Android. “Kami selalu mencari cara untuk bekerja dengan pengembang untuk meningkatkan standar privasi sambil mengaktifkan ekosistem aplikasi didukung iklan yang sehat,” ujar juru bicara tersebut, dilansir dari The Verge, Jumat (5/2).

Tracking Transparency pertama kali diumumkan pada konferensi pengembang Apple musim panas lalu. Aplikasi Tracking Transparency secara efektif menggeser keikutsertaan tingkat sistem di antara kemampuan pelacakan aplikasi dan preferensi pengguna.

Jika pengguna mengatakan mereka lebih suka tidak dilacak, maka pengembang tidak bisa melakukan apapun untuk melacak pengguna. Sebab, Apple akan menonaktifkan kemampuan pengembang untuk mengumpulkan apa yang disebut kode Pengenal untuk Pengiklan, atau IDFS.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement