Jumat 05 Feb 2021 12:03 WIB

Kamera HP Pixel Bisa Baca Detak Jantung Pengguna

Fitur monitor detak jantung mengukur pernapasan dengan memantau naik turunnya dada.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Pixel 5
Foto: gsm arena
Google Pixel 5

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA—Google menambahkan monitor detak jantung dan pernapasan ke aplikasi Fit di ponsel Pixel bulan ini. Google berencana untuk menambahkannya ke ponsel Android lain di masa mendatang. Kedua fitur tersebut bergantung pada kamera ponsel cerdas.

Fitur monitor detak jantung dan pernapasan mengukur laju pernapasan dengan memantau naik turunnya dada pengguna dan detak jantung dengan melacak perubahan warna saat darah bergerak melalui ujung jari. Dilansir dari The Verge, Jumat, (5/2), perusahaan mengatakan fitur-fitur tersebut hanya dimaksudkan untuk memungkinkan pengguna melacak kesehatan secara keseluruhan dan tidak dapat mengevaluasi atau mendiagnosis kondisi medis.

Baca Juga

Untuk mengukur laju pernapasan (jumlah napas seorang per menit) menggunakan aplikasi, pengguna mengarahkan kamera depan ponsel ke kepala dan dada mereka. Untuk mengukur detak jantung, mereka meletakkan jari mereka di atas kamera yang menghadap ke belakang.

Manajer Produksi di Google Health, Jack Po mengatakan fitur di Google meniru prosedur seorang dokter menghitung laju pernapasan pasien dengan mengamati dada mereka naik dan turun.

“Teknik pembelajaran mesin yang kami memanfaatkan pada dasarnya mencoba meniru itu,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement