Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Saturday, 9 Zulqaidah 1442 / 19 June 2021

Kamera HP Pixel Bisa Baca Detak Jantung Pengguna

Jumat 05 Feb 2021 12:03 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Google Pixel 5

Google Pixel 5

Foto: gsm arena
Fitur monitor detak jantung mengukur pernapasan dengan memantau naik turunnya dada.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA—Google menambahkan monitor detak jantung dan pernapasan ke aplikasi Fit di ponsel Pixel bulan ini. Google berencana untuk menambahkannya ke ponsel Android lain di masa mendatang. Kedua fitur tersebut bergantung pada kamera ponsel cerdas.

Fitur monitor detak jantung dan pernapasan mengukur laju pernapasan dengan memantau naik turunnya dada pengguna dan detak jantung dengan melacak perubahan warna saat darah bergerak melalui ujung jari. Dilansir dari The Verge, Jumat, (5/2), perusahaan mengatakan fitur-fitur tersebut hanya dimaksudkan untuk memungkinkan pengguna melacak kesehatan secara keseluruhan dan tidak dapat mengevaluasi atau mendiagnosis kondisi medis.

Untuk mengukur laju pernapasan (jumlah napas seorang per menit) menggunakan aplikasi, pengguna mengarahkan kamera depan ponsel ke kepala dan dada mereka. Untuk mengukur detak jantung, mereka meletakkan jari mereka di atas kamera yang menghadap ke belakang.

Manajer Produksi di Google Health, Jack Po mengatakan fitur di Google meniru prosedur seorang dokter menghitung laju pernapasan pasien dengan mengamati dada mereka naik dan turun.

“Teknik pembelajaran mesin yang kami memanfaatkan pada dasarnya mencoba meniru itu,” katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA