Jumat 05 Feb 2021 06:00 WIB

COVAX Distribusikan 337 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Distribusi vaksin Covid-19 COVAX ditarget melindungi kelompok paling rentan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Vaksin Covid-19 (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Vaksin Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, WINA -- Inisiatif COVAX untuk akses global yang adil ke vaksin Covid-19 telah menerbitkan daftar distribusi pertamanya. Program itu telah mendistribusikan 337 juta lebih dosis vaksin.

Rilis perkiraan distribusi sementara pada Rabu (3/2), menyatakan 337,2 juta dosis awal program akan didistribusikan. Jumlah tersebut sejalan dengan target untuk melindungi kelompok yang paling rentan seperti petugas kesehatan pada paruh pertama tahun ini.

Baca Juga

Aliansi vaksin yang didukung Perserikatan Bangsa-Bangsa Gavi, Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI), dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO),  menetapkan sekitar 145 negara menerima vaksin. COVAX akan memberikan dosis yang cukup untuk mengimunisasi 3,3 persen dari populasi negara pada pertengahan 2021.

Negara-negara akan menerima dosis sesuai dengan besarnya populasi. Sedangkan, negara yang terbanyak menerima vaksin Covid-19 adalah India 97,2 juta dosis, Pakistan 17,2 juta dosis, Nigeria 16 juta dosis, Indonesia 13,7 juta dosis, Bangladesh 12,8 juta dosis, dan Brasil 10,6 juta dosis.

Selain negara-negara berpenghasilan rendah, negara-negara pembiayaan mandiri yang kaya juga mendapatkan distribusi vaksin. Negara tersebut termasuk Korea Selatan dengan 2,6 juta dosis, Kanada 1,9 juta dosis, dan Selandia Baru 250.000 dosis.

Daftar distribusinya mencakup 240 juta dosis vaksin AstraZeneca-Oxford yang dilisensikan kepada Serum Institute of India (SII), 96 juta dosis vaksin AstraZeneca-Oxford, dan 1,2 juta dosis vaksin Pfizer-BioNTech. Vaksin Pfizer-BioNTech adalah satu-satunya sejauh ini yang mendapatkan persetujuan penggunaan darurat dari WHO. Evaluasi sedang dilakukan untuk vaksin AstraZeneca-Oxford.

Baca juga : Jabar Targetkan Kiai, Santri, dan Ulama Divaksin Maret

Dikutip dari Aljazirah, daftar tersebut tidak mengikat dan dapat berubah. Namun, laporan sementara ini akan memungkinkan negara-negara untuk merencanakan berapa banyak dosis yang akan diterima pada putaran pertama.

"Ini fantastis. Kita bisa mulai vaksinasi. Itu akan datang dalam beberapa minggu ke depan," ujar koordinator program imunisasi WHO, Ann Lindstrand.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement