Kamis 04 Feb 2021 21:56 WIB

 Bukalapak Ajak UMKM Jeli Perhatikan Tren Pasar

Selain barang unggulan, UMKM juga harus perhatikan tren untuk tarik pembeli

Logo Bukalapak
Foto: Wikimedia Commons
Logo Bukalapak

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Perusahaan layanan jual beli berbasis internet Bukalapak meminta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) atau pelapak jeli dalam memantau tren pasar termasuk apa yang banyak dicari konsumen selama pandemi COVID-19.

"Memasuki awal 2021, barang-barang yang berhubungan dengan pandemi masih menjadi pencarian yang populer di Bukalapak," kata AVP Marketplace Strategy and Merchant Policy Bukalapak Baskara Aditama pada keterangannya melalui webinar di Solo, Kamis (4/2).

Ia mengatakan jika di tahun lalu tepatnya pada awal tahun, yaitu Januari sampai Maret kebutuhan sembako dan barang kesehatan banyak dicari konsumen, selanjutnya pada April sampai dengan bulan Juni, barang hobi seperti alat "gaming" mulai meningkat permintaannya.

"Juga alat memasak dan pakaian karena ada Bulan Ramadhan. Lanjut Juli sampai September, mulai sekolah 'online' kebutuhan laptop dan 'handphone' sangat tinggi, ditambah ada hobi baru bersepeda. Baru akhir tahun, yaitu Oktober sampai Desember tanaman hias dan dekorasi rumah jadi idola," katanya.

Oleh karena itu, menurut dia selain berjualan produk unggulan, pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan tren pasar untuk menarik banyak pembeli.

"Maka penjual harus mengenali tanda-tanda akan terjadinya tren agar bisa mempersiapkan stok barang," katanya.

Sementara itu, demi mendukung ketahanan bisnis pelaku UMKM di tengah situasi pandemi yang masih berlangsung, pihaknya menyelenggarakan sejumlah program dan inisiatif yang juga bagian dari realisasi misi Bukalapak bertema "A Fair Economy For All".

"Pada awal tahun ini, Bukalapak telah memberlakukan satu tarif untuk layanan 'Super Seller'-nya yaitu sebesar 0.5 persen, sebuah nilai tarif termurah yang diberikan oleh platform e-commerce di Indonesia untuk UMKM," kata Vice President Marketplace Bukalapak Kurnia Rosyada.

Ia mengatakan keuntungan yang dapat dinikmati pelaku UMKM yang menjual produknya melalui situs tersebut adalah mampu menaikkan transaksi hingga 15 kali lipat dan lebih dipercaya dengan memasang badge "Super Seller", gratis ongkos kirim, dan cashback voucher eksklusif.

"'Super Seller' sendiri adalah fitur layanan dari Bukalapak yang dirancang untuk membantu pelapak mendapatkan keuntungan lebih dari berjualan di platform Bukalapak dengan hanya menyisihkan sebagian kecil dari hasil penjualan mereka. Saat ini, ada lebih dari ratusan ribu pelaku UMKM yang terdaftar sebagai Super Seller di Bukalapak," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement