Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Friday, 15 Zulqaidah 1442 / 25 June 2021

Lima Film Seru tentang Perjalanan Waktu

Kamis 04 Feb 2021 19:45 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti

Salah satu adegan film 13 going on 30.

Salah satu adegan film 13 going on 30.

Foto: Columbia Pictures/Sony Pictures Releasing.
Film 13 Going on 30 cukup menyentuh perasaan penonton.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Tema-tema fiksi sains yang dibalut petualangan menarik bagi sebagian penikmat film. Misalnya, film tentang perjalanan ke luar angkasa atau perjalanan penjelajahan waktu. 

Perjalanan waktu adalah perangkat menyenangkan yang digunakan dalam banyak film besar. Alur perjalanan waktu juga bisa menjadi bagian penting dari sebuah cerita atau sebagai plot sampingan yang hanya diangkat untuk beberapa adegan.

Beberapa adegan perjalanan waktu bahkan membuat nalar Anda bertanya-tanya karena peristiwa ini tidak benar secara ilmiah. Namun, tak sedikit pula menimbulkan kepercayaan bahwa perjalanan waktu itu mungkin.

Berikut beberapa film fiksi sains yang mengangkat tema perjalanan waktu yang menarik kita tonton kembali seperti dilansir di laman CBR, Kamis (4/2):

1. Back to the Future

Menyentuh hati, lucu, dan menyenangkan, adalah kesan yang tepat untuk film Back to the Future. Film yang disutradarai oleh Robert Zemeckis dan dibintangi oleh Michael J.Fox, Christopher Lloyd, dan Lea Thompson ini menceritakan Marty McFly, seorang remaja yang tinggal di Hill Valley, California pada 1985.

Marty memperhatikan orang tuanya, George dan Lorraine, yang sama-sama tidak bahagia dengan kehidupan mereka. Dia pun ketakutan bahwa suatu hari dia akan menjadi seperti mereka.

Suatu malam, dia bertemu dengan temannya, seorang ilmuwan eksentrik bernama Emmett 'Doc' Brown yang menunjukkan Marty mesin waktu yang dibuat dari mobil DeLorean yang dimodifikasi. Ketika mencoba untuk melarikan diri dari sekelompok teroris Libya dimana Doc mencuri plutonium untuk menyalakan mesin waktu, Marty dikirim kembali ke tahun 1955. 

Di sana, dia bertemu dengan orang tuanya dengan versi yang lebih muda. Dia harus membuat mereka jatuh cinta, jangan sampai dia tidak ada lagi.

2. 13 Going on 30

Film 13 Going on 30 merupakan film yang menyentuh yang memberikan perasaan senang kepada penonton sehabis menontonnya. Film yang disutradarai oleh Gary Winick dan dibintangi oleh Jennifer Garner, Mark Ruffalo, dan Judy Greer ini menceritakan Jenna Rink, seorang gadis muda culun yang berharap dia populer.

Pada hari ulang tahunnya yang ke-13, Jenna diberi rumah boneka merah muda dan sebungkus debu harapan ajaib oleh sahabatnya Matty. Jenna membuat keinginan untuk tumbuh dan menjadi 30. Keesokan harinya, dia mendapatkan keinginannya dan harus menjalani kehidupan barunya sambil mencari tahu apa yang salah dengan yang lama.

Film yang dirilis pada 2004 ini sukses di box office dengan meraup lebih dari 96 juta dolar AS. Soundtrack film tersebut masuk dalam 50 besar dari Billboard 200.

3. Bill & Ted’s Excellent Adventure

Bill & Ted’s Excellent Adventure adalah film komedi yang tidak terlalu serius, menjadikannya kandidat yang tepat untuk salah satu film perjalanan waktu terbaik sepanjang masa. Disutradarai oleh Stephen Herek dan dibintangi oleh Keanu Reeves, Alex Winter, dan George Carlin, film ini menceritakan dua remaja culun Bill Preston dan Ted Logan.

Pasangan ini tanpa disadari menjadi inspirasi di balik masyarakat utopia masa depan, yang sepenuhnya didasarkan pada musik dan filosofi mereka. Untuk memastikan bahwa masa depan utopia tetap aman, salah satu warga masa depan bernama Rufus dikirim kembali ke tahun 1988 untuk membantu anak laki-laki lulus kelas sejarah mereka. Jika Rufus gagal, ayah Ted berencana mengirimnya ke akademi militer, mengakhiri boy band Wyld Stallyns dan mengubah sejarah selamanya.

4. Looper

Looper adalah film perjalanan waktu yang menarik dan menggugah pikiran. Film ini disutradarai oleh Rian Johnson dan dibintangi oleh Joseph Gordon-Levitt, Bruce Willis, dan Emily Blunt. Film ini menceritakan pembunuh bayaran bernama Joe dengan latar 2044, di mana perjalanan waktu dimungkinkan. 

Adanya perjalanan waktu itu membuat sindikat kejahatan Kansas City memanfaatkannya untuk membuang tubuh korban kejahatan. Joe bekerja sebagai looper, di mana dia membunuh dan membuang korban tersebut.

Meskipun Joe piawai dalam pekerjaannya dan dianggap sebagai aset oleh atasannya, suatu hari, masa depan Joe dikirim kembali, untuk dibunuh olehnya.

Film yang dirilis pada 2012 ini adalah film unik dengan premis orisinal dan plot yang menggugah pikiran. Film ini semakin menarik karena pemeran yang kuat dan perpaduan genre yang menarik, termasuk aksi, drama, dan fiksi ilmiah.

5. The Terminator

Ini adalah film ikonik yang melahirkan salah satu waralaba film terbaik sepanjang masa. Film yang disutradarai oleh James Cameron dan dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger, Michael Biehn, dan Lance Henriksen ini menceritakan seorang pembunuh cyborg yang dikenal sebagai Terminator.

Terminator melakukan perjalanan kembali ke masa dari 2029 hingga 1984 dalam misi untuk membunuh seorang wanita bernama Sarah Connor. Tiba tak lama setelah Terminator, Kyle Reese adalah prajurit manusia yang dikirim kembali pada waktunya untuk melindungi Sarah. 

Kyle menjelaskan, sistem kecerdasan buatan yang dikenal sebagai Skynet akan datang dan akan memicu bencana nuklir. Skynet menargetkan Sarah untuk dibunuh lantaran informasi mengenai putranya yang belum lahir suatu hari nanti akan memimpin pemberontakan melawan mereka. Meskipun dikejar dan diserang oleh Terminator yang tampaknya tak terhentikan, Kyle berusaha menjaga Sarah tetap aman.

Film yang dirilis pada 1984 itu mengorbitkan karier James Cameron dan Arnold Schwarzenegger dan menghasilkan serangkaian film sekuel, serial TV, serial buku komik, serial novel, dan serial video gim. Itu dipilih oleh Library of Congress untuk pelestarian di National Film Registry pada 2008.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA