Pengamat: Penangkapan Zaim Saidi Berlebihan dan Debatable

Rep: Mabruroh/ Red: Agus Yulianto

Zaim Saidi
Zaim Saidi | Foto: Agung Supriyanto/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penangkapan terhadap pendiri pasar Muamalah Zaim Saidi adalah berlebihan. Menurut Pakar Hukum Pidana dari Universitas Trisaksi Abdul Fickar Hajar, Zaim Saidi ditangkap dan diproses hukum dengan sangkaan yang menurut masih debatable.

"Polisi juga salah menilai dalam mempersangkakan dan menjerat Zaim Saidi," kata Fickar dalam keterangan tertulis, Kamis (4/2).

Dikatakan Fickar, semangat bersyariah tidak melulu dicita-citakan dan digandrungi masyarakat muslim, sebagai sebuah "platform yang adil". Ini justru menjadi pilihan banyak masyarakat yang tidak terbatas pada masyarakat muslim saja.

Sebagai contoh, kata dia, pimpinan beberapa bank syariah di Spore atau beberapa negara lain tidak diisi oleh mereka yang muslim. Kenapa? Karena realitasnya ternyata ekonomi syariah menjadi platform ekonomi yang banyak menjadi pilihan di dunia.

"Realitas yang contradiktif terjadi hari ini 'ditersangka'kannya inisiator pasar muamalah yang juga merupakan irisan ekonomi syariah. ZS ditangkap dan diproses hukum dengan sangkaan yang menurut saya masih debatable dan berlebihan," ungkap Fickar.

 

 

Terkait


Zaim Saidi Ditangkap, Pengamat: Berlebihan

Bagaimana Transaksi Dinar-Dirham yang Diperbolehkan?

Bagaimana Dampak Transaksi Dinar-Dirham Terhadap Ekonomi?

Polri: Pasar Muamalah Depok Beroperasi Sejak 2014

Polri: Zaim Saidi Pesan Dinar-Dirham ke PT Antam

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image