Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Zaim Saidi Ditangkap, Pengamat: Berlebihan

Kamis 04 Feb 2021 16:38 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Agus Yulianto

Zaim Saidi, Direktur Wakala Induk Nusantara

Zaim Saidi, Direktur Wakala Induk Nusantara

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Zaim Saidi ditangkap dan diproses hukum dengan sangkaan yang masih debatable.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar Hukum Pidana dari Universitas Trisaksi Abdul Fickar Hajar mengatakan, menangkap pendiri pasar Muamalah Zaim Saidi adalah berlebihan. Selain itu, polisi juga salah menilai dalam mempersangkakan dan menjerat Zaim Saidi.

"ZS ditangkap dan diproses hukum dengan sangkaan yang menurut saya masih debatable dan berlebihan," kata Fickar dalam keterangan tertulis, Kamis (4/2).

Fickar menjelaskan, semangat bersyariah tidak melulu dicita-citakan dan digandrungi masyarakat muslim, sebagai sebuah "platform yang adil". Ini justru menjadi pilihan banyak masyarakat yang tidak terbatas pada masyarakat muslim saja.

Sebagai contoh, kata dia, pimpinan beberapa bank syariah di Spore atau beberapa negara lain tidak diisi oleh mereka yang muslim. Kenapa? Karena realitasnya ternyata ekonomi syariah menjadi platform ekonomi yang banyak menjadi pilihan di dunia.

"Realitas yang contradiktif terjadi hari ini 'ditersangka'kannya inisiator pasar muamalah yang juga merupakan irisan ekonomi syariah. ZS ditangkap dan diproses hukum dengan sangkaan yang menurut saya masih debatable dan berlebihan," ungkap Fickar.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA