Kamis 04 Feb 2021 15:25 WIB

Juni, Uni Eropa Distribusi 400 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Uni Eropa membutuhkan hingga 759 juta dosis sebelum akhir Agustus.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
 Seorang penghuni panti jompo divaksin. ilustrasi
Foto: AP/Robert Michael/DPA POOL
Seorang penghuni panti jompo divaksin. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Uni Eropa (UE) akan memiliki akses ke sekitar 400 juta dosis vaksin COVID-19 pada akhir Juni. Jika tidak ada tambahan vaksin lain yang diperoleh, maka hanya akan ada dosis yang cukup untuk menyuntik kurang dari setengah dari 447 juta populasi UE. Vaksin yang sejauh ini disetujui di UE memerlukan dua suntikan untuk perlindungan penuh.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen telah dikritik karena lambatnya peluncuran vaksin di UE. Dia mengatakan kepada Parlemen Eropa akan ada sekitar 100 juta suntikan yang tersedia pada kuartal pertama tahun ini. Selanjutnya, akan ada 300 juta suntikan dalam tiga bulan berikutnya.

Baca Juga

Dia mengatakan kepada anggota parlemen bahwa jumlah dosis yang diharapkan tidak cukup dan diperingatkan akan adanya berbagai tantangan di depan.

"Pada kuartal I nanti ada sekitar 100 juta dosis yang sudah diberikan. Januari 18 juta, Februari 33 juta, dan Maret 55 juta. Ini tidak cukup tetapi kami menargetkan 300 (juta) setidaknya di kuartal kedua," kata von der Leyen dilansir di Euronews, Kamis (4/2).

Baca juga : Peneliti: Tidak Pernah Ada Orang Meninggal karena Divaksin

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement