Kamis 04 Feb 2021 10:50 WIB

Rekor, Tiga Sutradara Wanita Jadi Nomine Golden Globe 2021

Ketiga nama itu yakni Emerald Fennell, Regina King, dan Chloe Zhao.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Golden Globe
Golden Globe

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Ajang Golden Globe 2021 membuat lompatan besar dalam hal representasi wanita. Tahun ini, tiga dari lima nomine sutradara terbaik adalah wanita.  

Mereka adalah Emerald Fennell dengan film Promosing Young Woman. Dia juga mendapatkan nominasi kategori penulis skenario terbaik. Selain Fennel, ada Regina King dengan film One Night in Miami dan Chloe Zhao lewat karya Nomadland.

Sementara itu, nomine sutradara terbaik pria yakni David Fincher dengan film Mank dan Aaron Sorkin lewat film The Trial Of The Chicago 7. Dilansir di laman Deadline, Kamis (4/2), selama lima tahun terakhir, tidak ada sutradara perempuan masuk dalam kategori nominasi itu.

Sebelumnya, hanya enam kali sineas wanita pernah dinominasikan untuk kategori sutradara terbaik yakni Ava DuVernay pada 2015, Kathryn Bigelow pada 2010 dan 2013, Sofia Coppola pada 2004, serta Barbra Streisand pada 1984. Dari nama-nama itu, hanya Barbra Streisand yang keluar menjadi pemenang. Golden Globe 2021 akan diselenggarakan pada 28 Februari.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement