Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tes Genose Diterapkan Gratis di Terminal Pulogebang

Kamis 04 Feb 2021 09:38 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Yudha Manggala P Putra

Petugas keamanan mengembuskan nafasnya pada kantong nafas untuk dites dengan GeNose C19. Ilustrasi

Petugas keamanan mengembuskan nafasnya pada kantong nafas untuk dites dengan GeNose C19. Ilustrasi

Foto: ANTARA FOTO/Fauzan
Terminal Pulogebang menerapkan tes genose secara sampel acak mulai 7 Februari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, penggunaan tes Genose C19 akan diterapkan gratis bagi penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur. Syafrin menyebut tes Genose itu dilakukan secara random sampling dan mulai digunakan Ahad besok.

"Pelaksanaan tes terhadap perjalanan jarak jauh dengan menggunakan bus itu sifatnya random sampling. Oleh sebab itu, untuk Genose ini akan dilakukan pada tanggal 7 (Februari 2021) di Jakarta, di Terminal Pulogebang," kata Syafrin di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (3/2).

Syafrin menuturkan, penggunaaan tes Genose untuk deteksi awal penumpang bus AKAP ini masih dalam fase percobaan di Terminal Pulogebang. Sedangkan di terminal lainnya belum dilakukan tes serupa. 

Dia pun berharap ke depannya tes Genose bisa diterapkan ke seluruh penumpang bus. "Sementara untuk yang lain belum (menggunakan tes Genose), kita akan disesuaikan dengan karakteristik alatnya. Sekarang di Pulo Gebang dulu," ujarnya.

Dia juga mengimbau masyarakat, khususnya penumpang bus melakukan tes guna mengetahui kondisi kesehatannya. Itu dapat membantu masyarakat melindungi keluarga serta penumpang lainnya terhindar dari penularan Covid-19.

"Tentu kami harap ada kesadaran langsung dari masyarakat untuk lakukan tes. Semua akan kita arahkan untuk lakukan tes, karena begitu mereka mengetahui kondisi kesehatannya ini mereka paling tidak bisa mengamankan diri sendiri dan keluarganya dari terpapar Covid," jelas Syafrin.

Syafrin menambahkan, pelaksanaan tes Genose di Terminal Pulo Gebang ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Genose adalah alat screening deteksi Covid-19 melalui embusan napas yang dikembangkan tim peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM).

Produk ini mendapat izin edar Kemenkes pada Desember 2020. Satgas Covid-19 lewat SE 5/2021 tentang Perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri di Masa Pandemi menyetujuinya untuk screening penumpang KA jarak jauh di Pulau Jawa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA