Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Klopp Sebut Para Pemainnya Alami Kelelahan Mental

Kamis 04 Feb 2021 08:49 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Para pemain Brighton merayakan keunggulan atas Liverpool di Stadion Anfield.

Para pemain Brighton merayakan keunggulan atas Liverpool di Stadion Anfield.

Foto: EPA-EFE/Paul Ellis
Kekalahan ini tak lama setelah Burnley mengakhiri rekor tak terkalahkan the Reds.

REPUBLIKA.CO.ID,MERSEYSIDE -- Pelatih Liverpool Juergen Klopp mengatakan, kelelahan mental menjadi penyebab utama The Reds kalah mengejutkan dari Brighton & Hove Albion dengan skor 0-1 dalam lanjutan Liga Inggris, di Stadion Anfield, Kamis (4/2) dini hari WIB. Gol satu-satunya dalam laga tersebut dicetak Steven Alzate.

Kekalahan tersebut tak lama setelah Burnley mengakhiri rekor tak terkalahkan Liverpool di kandang selama 68 pertandingan pada 22 Januari lalu. Kini mereka duduk di posisi keempat dan tertinggal tujuh poin dari pemuncak klasemen Manchester City. 

Jordan Henderson dan kawan-kawan akan berjarak 10 poin jika akhir pekan nanti kembali menelan kekalahan dari City di Anfield.

Kekalahan dari Brighton juga menjadi yang keenam bagi dalam 18 hari dan setelah kemenangan beruntun atas Tottenham Hotspur dan West Ham United. Kondisi ini membuat mereka semakin sulit mempertahankan gelar Liga Inggris.

"Bagi saya, tim terlihat dan sudah lama sejak kami terlihat seperti ini, tapi kami terlihat lelah, lelah secara mental. Itu juga tidak mengarah pada kaki terbaik," kata Klopp dilansir dari Sky Sports.

Pelatih asal Jerman itu mengakui pasukanya menghadapi pekan yang sulit. Dan dalam laga tersebut performa anak asuhnya tak cukup segar sehingga kesulitan membongkar formasi yang dibangun oleh Brighton.

Klopp mengeklaim, Brighton adalah tim sangat bagus. Mereka cukup merepotkan pemainnya di lapangan. Masalah tersebut bertambah ketika mengalami kelelahan secara mental sehingga berpengaruh terhadap cara bermain.

"Mereka punya rencana bagus dan mereka pantas menang, tapi tentu saja kami ingin bermain lebih baik dan lebih meyakinkan daripada yang kami lakukan malam ini,” kata dia.

Klopp sadar, pemainnya dapat melakukan berbagai opsi untuk merusak formasi yang disiapkan Brighton. Namun saat waktunya itu Sadio Mane dan rekan-rekannya tak bisa menjalankan rencana tersebut. Klopp tak punya banyak alasan atas kekalahan tersebut.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA