Kamis 04 Feb 2021 08:21 WIB

Lima Kebiasaan Makan Sehat untuk Lawan Covid-19

Dengan lingkungan yang lebih sehat, maka semakin mudah melawan stres akibat Covid-19.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Lima kebiasaan makan sehat yang bisa melawan Covid-19. (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Lima kebiasaan makan sehat yang bisa melawan Covid-19. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ahli sepakat, sistem imun yang kuat bisa menghadang paparan virus SARS-CoV-2, penyebab Covid-19. Ada banyak cara untuk memiliki kekebalan tubuh yang kuat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Harvard Health telah menerbitkan daftar perubahan pola pikir dan gaya hidup yang bisa diterapkan selama pandemi. Menurut para ahli, perubahan itu penting agar lebih banyak orang yang sehat fisik dan mental.

"Dengan menciptakan lingkungan yang lebih sehat, akan lebih mudah untuk melawan stres Covid-19 dan menjaga semangat Anda tetap tinggi," kata para ahli seperti dilansir di laman Eat This pada Rabu (3/2), waktu setempat.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar kebiasaan makan sehat yang dapat membantu melawan stres Covid-19 menurut Harvard Health.

1. Buat rencana makan

Cara mudah untuk memastikan asupan makan sehat adalah dengan membuat jadwal rencana makan. Anda bisa merencanakan menu dan bahan masakan harian atau mingguan. 

2. Konsumsi makanan sehat

Isi kulkas dengan makanan dan camilan bergizi. Harvard Health merekomendasikan untuk mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, lemak sehat, dan protein tanpa lemak.

3. Hindari junkfood

Jangan repot-repot membeli sereal manis, soda, piza, atau junkfood lainnya. Harvard Health bahkan mengatakan, Anda bisa menghemat uang dengan melewatkan makanan olahan ini.

4. Rencanakan suguhan yang menyenangkan

Melewatkan makanan junkfood bukan berarti Anda tidak bisa menikmati makanan yang lezat. Anda masih bisa membuat makanan sehat dengan menggunakan bahan-bahan yang sehat

5. Ciptakan lingkungan yang lebih sehat

Harvard Health merekomendasikan untuk menciptakan lingkungan yang sehat di sekitar Anda. Menyimpan permen di rumah tidak akan membuat Anda menjadi sehat. 

Selain itu, pastikan dapur dan rumah selalu bersih dan rapi. Membersihkan ruangan dapat menciptakan pola pikir yang lebih sehat sepanjang hari, menjaga otak dan tubuh Anda bebas stres dengan tidak melihat semua jenis kekacauan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement