Kamis 04 Feb 2021 06:59 WIB

Prospek Kerja Lulusan Perhotelan tak Hanya Jadi Resepsionis

Jurusan Perhotelan sangat cocok untuk generasi milenial  berjiwa traveling.

Jurusan Perhotelan UBSI sangat cocok untuk generasi milenial  yang menyukai traveling.
Foto: Dok UBSI
Jurusan Perhotelan UBSI sangat cocok untuk generasi milenial yang menyukai traveling.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Apakah  lulusan Prodi Perhotelan hanya bisa bekerja jadi resepsionis? Boleh jadi pertanyaan seperti ini sempat berkecamuk di hati kamu, kaum milenial.

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah, “Itu tidak betul!” “Lulusan Prodi Perhotelan tidak hanya berpeluang kerja jadi resepsionis hotel,”  kata Emmita Devi Hari Putri selaku kaprodi Perhotelan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Rabu (3/2).

Ia menegaskan, mahasiswa yang menempuh pendidikan di Prodi Perhotelan Universitas BSI mendapatkan banyak bekal imu dan ketrampilan. “Mahasiswa Perhotelan dilatih untuk mengembangkan keterampilan dan memiliki kompetensi di bidang perhotelan sehingga dapat bersaing di dunia industri. Banyak ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa Prodi Perhotelan. Misalnya, ilmu hospiltality, food and beverages, dan ilmu pelayanan terhadap konsumen,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Dengan bekal ilmu dan ketrampilan yang banyak itu, kata Emmita,  maka prospek kerja lulusan Prodi Perhotelan pun terbuka luas dan berjangka panjang. “Pospek lulusan  Prodi Perhotelan UBSI dapat bekerja di bidang perhotelan, kapal pesiar destinasi wisata, lembaga instansi bidang pariwisata, tour and travel ataupun konsultan perjalanan wisata,” paparnya. 

Ia mengemukakan, meskipun saat ini sedang pandemi  Covid-19, dunia pariwisata akan selalu dibutuhkan oleh setiap orang dan akan terus berkembang. “Oleh karena itu, lulusan Prodi Perhotelan mempunyai prospek karir yang panjang,” tuturnya.

Menurutnya, Jurusan Perhotelan sangat cocok untuk anak muda yang memiliki karakter bebas dan memilih mengembangkan skill ketimbang duduk manis mendengarkan teori.  “Jurusan Perhotelan sangat cocok untuk generasi milenial yang memiliki jiwa traveling dan mencintai dunia pariwisata,” ujarnya. 

Ia menambahkan, “Generasi milenial memiliki energi positif dengan semangat belajar yang tinggi sehingga sangat cocok untuk berkarir di industri perhotelan.”

Menurutnya, alumni Prodi Perhotelan Universitas BSI banyak yang telah bekerja sesuai passion mereka di industri perhotelan baik dalam negeri maupun luar negeri dan kapal pesiar. Terlebih UBSI memiliki wisma sendiri yang bisa digunakan mahasiswa sebagai tempat praktikum dengan fasilitas lengkapnya. 

“Berkarir di dunia perhotelan tidak akan membuat jenuh karena setiap harinya akan bertemu dengan orang-orang berbeda. Hal ini dapat membuat kita memiliki koneksi yang luas. Selain itu, penghasilan yang didapat untuk fresh graduate kisaran Rp 6 juta di luar service charge.” imbuhnya. 

Emmita mengungkapkan, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) saat ini membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) gelombang kedua, tanggal 3 Februari sampai 6 April 2021, untuk kuliah di Kampus Jakarta maupun di Kampus Yogyakarta.  

Prodi Pehotelan UBSI telah membuka kesempatan bagi generasi milenial ataupun generasi Z untuk melakukan pendaftaran kuliah dengan mengunjungi laman https://pmb.bsi.ac.id/2021/index.html. 

“Prodi Perhotelan UBSI jadi pilihan tepat untuk generasi muda karena telah bekerja sama dengan hotel-hotel ternama di Indonesia sehingga memberikan peluang besar untuk belajar langsung dari sumber yang professional di bidangnya,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement