Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Wednesday, 6 Zulqaidah 1442 / 16 June 2021

Bacaan-Bacaan yang Disarankan Agar Setan Menjauh dari Rumah

Kamis 04 Feb 2021 05:59 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat bacaan agar Allah SWT menbentengi rumah dari setan. Ilustrasi alquran

Terdapat bacaan agar Allah SWT menbentengi rumah dari setan. Ilustrasi alquran

Foto: republika
Terdapat bacaan agar Allah SWT menbentengi rumah dari setan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dahulu orang-orang banyak melakukan ritual untuk mengusir setan dari rumah. Namun Islam memiliki cara tersendiri untuk melindungi rumah dari setan. 

Yakni dengan mengamalkan bacaan-bacaan sesuai Alquran dan hadits, di antaranya sebagaimana yang dikutip dari laman Mawdoo3: 

Pertama, membaca surat Al-Baqarah. Allah SWT memerintahkan untuk membaca Ayat Alquran salah satunya membaca Al Baqarah. 

لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة" . رواه مسلم Artinya, “Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah.” (Shahih Muslim)

Kedua, membaca ayat kursi. Hal ini sebagaimana riwayat Abu Hurairah yang dinukilkan Bukhari dan Muslim:  

ومنها ما جاء في الصحيحين في قصة أبي هريرة : عندما وكل بحفظ الطعام (صدقة رمضان) وفيه.. فقال -أي الشيطان-: إذا أويت إلى فراشك فاقرأ آية الكرسي، لن يزال معك من الله حافظ، ولا يقربك شيطان حتى تصبح، قال النبي صلى الله عليه وسلم: "صدق وهو كذوب ذاك شيطان

Abu Hurairah  RA, berkata, “Rasulullah menugaskanku untuk menjaga harta zakat. Lalu pada suatu hari ada seseorang yang menyusup hendak mengambil makanan , maka aku pun menyergapnya seraya berkata, "Aku benar-benar akan menyerahkanmu kepada Rasulullah" lalu ia bercerita dan berkata, “Jika kamu hendak beranjak ke tempat tidur maka bacalah ayat kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga pagi. "Maka Nabi pun bersabda, "la telah berkata benar padamu, padahal ia adalah pendusta. Si penyusup tadi sebenarnya adalah setan.”

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA