Kamis 04 Feb 2021 04:56 WIB

City Lanjutkan Tren Kemenangan di Kandang Burnley

Keunggulan dua gol yang dicipta City di babak pertama bertahan hingga peluit akhir.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ratna Puspita
Aksi pemain Manchester City Gabriel Jesus di depan gawang Burnley.
Foto: EPA-EFE/Martin Rickett
Aksi pemain Manchester City Gabriel Jesus di depan gawang Burnley.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manchester City sukses membawa pulang tiga poin usai menundukkan Burnley di kandangnya sendiri di Stadion Turf Moor pada Kamis (4/2) dini hari WIB dalam lanjutan pekan ke-22 Liga Inggris 2020-2021. Keunggulan dua gol yang dicipta City di babak pertama bertahan hingga peluit akhir.

Rodrigo mengawali serangan City di menit awal. Bernardo Silva meneruskan komando serangan. Gempuran bertubi-tubi the Citizens langsung membuahkan hasil setelah sundulan Gabriel Jesus di menit ke-3 dari jarak dekat gagal dimentahkan Pope. 

Baca Juga

Selama 10 menit pertama, pasukan Pep Guardiola tetap dalam mode menyerang walau telah unggul. Tim tuan rumah hanya bisa melakukan perlawanan lewat aksi Jay Rodriguez.

João Cancelo nyaris menggandakan keunggulan tim tamu di menit ke-16, tapi tendangan kerasnya dari luar kotak penalti bisa diamankan Pope. Jesus juga masih gagal memanfaatkan peluang emasnya di menit ke-28.

Anak asuhan Sean Dyche ogah menyerah karena tampil di hadapan publik sendiri. Mereka berusaha kembali fokus setelah tertinggal lebih dulu.

Namun usaha mereka mengejar ketinggalan sia-sia. Raheem Sterling jadi aktor pencetak gol kedua City di menit ke-38. Tendangan hasil assist Ilkay Gündogan dari jarak dekat itu melenggang mulus ke gawang Burnley.

Jelang turun minum, Jay Rodriguez dan Ashley Westwood coba buka peluang. Namun, belum bisa menggedor pertahanan City.

photo
Raheem Sterling (kedua dari kiri) - (EPA-EFE/Alex Pantling)

Memasuki babak kedua, City yang kini bertengger di puncak klasemen Liga Primer Inggris ogah main aman. Keunggulan dua gol tak membuat mereka mengendurkan serangan. Sterling, Gündogan, dan Cancelo jadi motor serangan hingga menit ke-55.

Pada menit ke-57 terjadi insiden yang mengharuskan wasit menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Setelah mempertimbangkan masukan VAR, skor 0-2 tak berubah. Gol Riyad Mahrez otomatis dianulir karena terjebak offside lebih dulu.

Sampai menit ke-60, usaha serangan Burnley lewat Erik Pieters dan Matej Vydra terpatahkan akibat jebakan offside. Peluang emas baru didapat Burnley empat menit kemudian. Namun sayang sepakan Vydra melebar dari gawang City yang dijaga Ederson.

City terus berusaha mengoyak gawang Burnley untuk ketiga kalinya. Namun, peluang Jesus dan Silva tak berbuah manis sampai menit ke-70.

Sedangkan Dyche memasukkan Joel Mumbongo, Josh Benson dan Dale Stephens guna mengembangkan permainan Burnley. Hanya saja, langkah mereka terhambat oleh apiknya pertahanan City.

Sepuluh menit jelang laga usai, City mendominasi serangan. Tapi usaha mereka senasib dengan usaha Burnley yang tiada hasil sampai peluit akhir. Praktis tiga poin dibawa pulang City. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement