Rabu 03 Feb 2021 21:45 WIB

Begini Cara Menggunakan Masker yang Baik dan Benar

Biasakan untuk membawa masker cadangan dalam tas.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Cara memakai masker yang baik dan benar (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Cara memakai masker yang baik dan benar (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan terus disuarakan di tengah pandemi. Salah satunya, mengenakan masker, adalah langkah proteksi yang penting.

Memakai masker sama saja melindungi diri dan orang lain di sekeliling dari paparan virus. Pastikan Anda dan keluarga memakai masker dengan tepat.

Jenama produk kesehatan, 3M, mengulas bagaimana memakai masker yang baik dan benar sebagai berikut:

1. Pilih masker wajah berkualitas baik

Pilih masker standar dengan fitur tiga lapisan filter untuk perlindungan optimal. Sebaiknya memilih lapisan filter bagian dalam yang nyaman, juga klip hidung yang dapat ditekuk agar membentuk masker ke wajah dengan lebih mudah. 

2. Ukuran pas

Pakai masker yang nyaman dan pas untuk wajah, jangan berukuran terlalu besar atau terlalu kecil. Jangan lupa bahwa masker harus menutupi area hidung dan mulut dengan menyeluruh setiap berkegiatan atau berjumpa orang lain.

3. Pastikan masker bersih

Baik masker kain yang dapat digunakan berulang kali maupun masker medis sekali pakai, penting untuk memeriksa kebersihannya sebelum dipakai. Jika rusak atau masker terlihat kotor, ambil masker lain untuk digunakan.

4. Cuci tangan sebelum dan sesudah

Cuci tangan dengan air dan sabun selama minimal 20 detik dan keringkan secara menyeluruh sebelum memakai masker dan saat akan melepas masker. Sebagai opsi lain, bisa juga memakai hand sanitizer alkohol 60 persen.

5. Simpan masker dengan baik

Masker yang akan dipakai harus disimpan dengan baik. Masker medis sebaiknya tetap disimpan dalam bungkusnya. Sementara, masker yang dapat digunakan kembali perlu disimpan di tempat yang bersih dan kering.

6. Pakai masker sesuai bentuknya

Beberapa masker memiliki bagian atas yang dilengkapi klip yang dapat membentuk hidung. Jika dipakai terbalik, masker tidak akan sesuai dengan wajah dan klip hidung yang tidak pas dapat menyebabkan celah di pangkal hidung.

7. Hindari menyentuh wajah 

Saat menggunakan masker, hindari menyentuh wajah karena berpotensi menginfeksi diri dengan virus. Hindari juga membuka dan memakai masker berulang kali karena melepas masker dapat membuatnya menjadi kotor.

8. Selalu bawa masker cadangan

Memakai masker sudah jadi kebiasaan baru setiap berkegiatan. Sebagai catatan penting, selalu bawa sejumlah masker cadangan dalam tas untuk diri sendiri atau anggota keluarga jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement