Rabu 03 Feb 2021 19:09 WIB

Panganfest, Panggung Inovasi Pangan Bakal Digelar di Yogya

Event ini diharapkan akan menjadi panggung inovasi pangan Indonesia menuju masa depan

Rino Febrian, salah satu founder Panganfest
Foto: istimewa
Rino Febrian, salah satu founder Panganfest

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Panganfest atau “Panggung Adirasa Nusantara” akan dihelat di Yogyakarta. Event ini diharapkan akan menjadi panggung inovasi pangan Indonesia menuju masa depan. 

Pada Panganfest,akan menggelar sejumlah konser dari hasil karya dari para inovator pangan, para sociopreneur pangan, UMKM pangan, startup pangan serta semua pejuang kuliner nusantara.

Baca Juga

“Tujuan konser marathon ini hanya satu: menjadikan Indonesia sebagai negara Adirasa global”, tandas Rino Febrian, salah satu founder Panganfest cum CEO Aio Inovasi, dalam keterangan persnya, Rabu (3/2).  

Sebagai langkah perdana, Panganfest dimulai dari Yogyajarta. Setelah itu, disertai berbagai penyempurnaan, akan menyebar ke seluruh nusantara dan ke seluruh pojok dunia. Dengan Panganfest output-nya Indonesia akan bersegera menjadi leading future culinary destination, menjadi leader dalam future food innovation, dan menjadi future food startup nation!

"Atau dapat dipastikan via Panganfest, Indonesia, pertama tidak hanya menjadi destinasi kuliner unggulan, tapi juga akan memimpin destinasi kuliner masa depan. Kedua, Indonesia akan memimpin dalam inovasi teknologi pangan masa depan, dan ketiga Indonesia akan memimpin Negara startup pangan masa depan,"kata Rino. 

 

Rino juga memastikan Panganfest akan menjadi “launching pad” kebangkitan pangan Indonesia.

“Modal kita ada semua, baik sumber dayanya, juga manusianya. Ini hanya persoalan mempercepat inovasi pangan, menginstal teknologi dan kemudian memperkenalkannya ke tingkat regional dan global. Selain rendang ada ribuan makanan Indonesia lainnya yang wajib dicicipi lidah masyarakat internasional. Untuk alasan itulah Panganfest akan diadakan secara berkesinambungan”, katanya.

Seperti diketahui, Indonesia belum masuk menjadi nominee World Leading Culinary Destination 2020. Untuk wilayah regional, negeri Jiran Malaysia, Thailand dan Vietnam bahkan terpilih menjadi nominee-nya. Tercatat, dalam Global Food Security Index, ranking Indonesia baru di posisi 62 dari 113 negara.  Artinya kita perlu smart shortcut agar pangan Indonesia jadi jagoan dunia.

 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement