Rabu 03 Feb 2021 18:10 WIB

7 Penyebab Jerawat pada Orang Dewasa

mengatasi jerawat orang dewasa itu sangat sulit karenanya harus diatasi dari akar mas

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Dwi Murdaningsih
Jerawat (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Jerawat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jerawat menjadi masalah kulit yang cukup menjengkelkan dan susah untuk diatasi, apalagi bagi orang dewasa. Dokter spesialis kulit dari India, dr Jushya Sarin mengatakan bahwa mengatasi jerawat orang dewasa itu sangat sulit karenanya harus diatasi dari akar masalahnya.

“Dengan kata lain, untuk benar-benar mengobati jerawat, Anda mungkin perlu memahami apa penyebabnya sejak awal,” kata Sarin seperti dilansir dari laman Indian Express pada Rabu (3/2).

Baca Juga

Untuk membantu memahami faktor penyebab jerawat orang dewasa, berikut tujuh faktor penyebab paling umum dari jerawat orang dewasa menurut dr Sarin.

Fluktuasi hormonal

Menurut Sarin, peningkatan hormon progesteron dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak pada kulit. Demikian pula hormon androgen pada pria juga dapat meningkatkan produksi sebum yang bisa menyebabkan jerawat.

Stres

Stres dapat memperburuk keadaan dan mempengaruhi tubuh menjadi tidak sehat. Sarin mengatakan bahwa stres kronis berperan besar dalam masalah kulit seperti jerawat, dan hormon stres atau kortisol diduga kuat bertanggung jawab atas hubungan tersebut.

Polusi

Kotoran berlebih yang bersumber dari polusi bisa meningkatkan kemungkinan pori-pori tersumbat. Jadi pastikan untuk membersihkan wajah atau lakukan double cleansing setelah pulang beraktivitas di luar rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement