Rabu 03 Feb 2021 15:39 WIB

Operasi dan Layanan Asabri Tetap Berjalan Normal

Pada 2020 Asabri telah menyalurkan dana pensiun kepada pensiunan sebesar Rp 15,5 T

Pada 2020 Asabri telah menyalurkan dana pensiun kepada pensiunan sebesar Rp 15,5 triliun.
Foto: Asabri
Pada 2020 Asabri telah menyalurkan dana pensiun kepada pensiunan sebesar Rp 15,5 triliun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai pengemban amanah Pemerintah dalam memberikan layanan Asuransi Sosial kepada pesertanya di tahun 2020 Asabri telah menyalurkan dana pensiun kepada para pensiunan sebesar Rp 15,5 triliun. Dana ini dibayar Pemerintah melalui APBN dan disalurkan Asabri kepada 439 ribu pensiunan setiap awal bulan.

Selain itu, Asabri juga melakukan pembayaran asuransi Tunjangan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKm) sebesar Rp 1,6 triliun kepada sekitar 58 ribu peserta yang mengajukan klaim. Pembayaran pensiun bulanan serta asuransi tersebut dilaksanakan secara tepat orang, tepat jumlah, dan tepat waktu serta dengan layanan terbaik yang didukung oleh 14 mitra kerja yang tersebar di seluruh Indonesia.

Awal Februari 2021 Asabri memberikan manfaat asuransi Santunan Risiko Kematian Khusus (SRKK) kepada ahli waris dua orang peserta yang gugur akibat kontak tembak dengan KKB di Papua yakni Anumerta Dedi Hamdani dan Anumerta Roy Febrianto dengan pemberian hak manfaat asuransi total sebesar Rp 900 juta. SRKK Gugur diberikan kepada ahli waris dari peserta yang meninggal dunia saat melaksanakan tugas operasi militer perang atau operasi militer selain perang, baik di dalam atau di luar negeri akibat dari tindakan langsung lawan/musuh /dari para pelaku pelanggar hukum, atau akibat cuaca, medan operasi/faktor alam  sesuai dengan PP 54 Tahun 2020 perubahan atas PP 102 Tahun 2015.

Dari sisi operasional perusahaan, Direktur Utama Asabri, Wahyu Suparyono, menegaskan bahwa operasional tetap berjalan dengan normal sebagaimana mestinya, hak-hak peserta merupakan prioritas utama Asabri. Kerja keras di tahun 2020 merupakan perwujudan dan komitmen atas misi Asabri yakni  meningkatkan kesejahteraan peserta Asabri melalui pengembangan sistem layanan berbasis teknologi dan peningkatan manfaat asuransi sosial, didukung dengan pengembangan sumber daya manusia yang berintegritas dan berakhlak serta pengelolaan investasi yang tepat.

Dalam bidang layanan, berbagai terobosan untuk meningkatkan layanan kepada peserta telah dilakukan Asabri sepanjang 2020. Launching aplikasi Asabri Mobile berbasis Android pada bulan Juni 2020 menunjukkan komitmen Asabri dalam penggunaan teknologi untuk meningkatkan layanan dan kemudahan bagi peserta.

Selain dapat mengetahui besar premi yang telah disetor dan nilai pengembangannya serta beberapa informasi lainnya, peserta juga dapat melakukan update data pribadi menggunakan Asabri Mobile tersebut. Tanggapan peserta atas aplikasi ini terus membaik dimana pada akhir tahun 2020 terdapat 27 ribu peserta yang telah mengunduh aplikasi ini. Ke depan, aplikasi akan terus dikembangkan dan mendorong peserta untuk terus memanfaatkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement