Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Catat, Ini Beberapa Waktu Terbaik untuk Minum Kopi

Rabu 03 Feb 2021 15:35 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti

Ada beberapa waktu terbaik untuk meminum kopi (ilustrasi).

Ada beberapa waktu terbaik untuk meminum kopi (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Jika ingin fokus, jam berapa sebaiknya Anda menyeruput kopi?

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai penggemar kopi, menyeruput kopi tampaknya bisa dilakukan kapan saja. Namun jangan salah, ada beberapa fakta sains di balik waktu yang terbaik untuk menyeruput kopi. 

Jika Anda sedang mencari cara untuk memulai hari dengan benar atau perlu fokus untuk ujian yang akan datang, berikut cara memilih waktu yang tepat untuk menyesap kopi, dilansir di laman Greatist, Rabu (3/2): 

Waktu terbaik minum kopi untuk memulai hari

Menurut sebuah penelitian kecil, hormon stres kortisol membantu Anda tetap waspada dan fokus, serta mengatur metabolisme, respons sistem kekebalan, bahkan tekanan darah. Sementara, setiap pagi, kadar kortisol naik secara alami dan mencapai puncaknya sekitar 30 menit setelah bangun tidur.

Oleh karenanya, sebaiknya Anda tidak meminum kopi yang mengandung kafein pada jam-jam ini karena kafein dapat meningkatkan kadar kortisol. Kadar kortisol yang meningkat dalam waktu lama dapat merusak sistem kekebalan, dan secara teoritis dapat meningkatkan efek berbahaya mereka.

Waktu terbaik untuk minum kopi kemungkinan adalah tengah hingga larut pagi, ketika kadar kortisol telah turun kembali. Jika Anda bangun pada pukul 07.00, maka waktu terbaik untuk menyeruput kopi pagi adalah pukul 10.00 sampai dengan siang hari. Menunda minuman pagi selama beberapa jam memberi Anda energi yang tahan lama.

Waktu terbaik untuk minum kopi pada malam hari

Karena kafein dapat meningkatkan kadar kortisol, maka hindari minum kopi saat Anda mencoba untuk menenangkan diri pada malam hari. Menurut American Academy of Sleep Medicine, efek stimulasi kafein dari kopi bisa bertahan tiga hingga lima jam, dan bergantung masing-masing orang.

Untuk menghindari kekacauan pola tidur, sebuah studi kecil pada 2013 merekomendasikan untuk menghindari kafein minimal enam jam sebelum tidur. Jadi, pertimbangkan untuk beralih ke kopi tanpa kafein atau coba teh herbal.

Waktu terbaik untuk minum kopi untuk olahraga yang lebih baik

Sebuah tinjauan penelitian menemukan bahwa minum kopi sebelum berolahraga mungkin merupakan cara yang efektif untuk meningkatkannya. Ini juga lebih terjangkau dibandingkan suplemen atau bubuk kafein. 

Ulasan penelitian lain menunjukkan bahwa kafein dapat menunda kelelahan saat berolahraga dan meningkatkan kekuatan dan kekuatan otot. Jika ingin memaksimalkan potensi pendorong olahraga dari kopi, yang terbaik adalah meminumnya 30 hingga 60 menit sebelum berolahraga.

Waktu terbaik minum kopi untuk menurunkan berat badan

Sebuah tinjauan penelitian menunjukkan, mengonsumsi kopi berkafein dapat mengurangi indeks massa tubuh (BMI), berat badan, dan lemak tubuh. Namun, sebuah penelitian terbatas mencari tahu, apakah minum kopi sebelum atau sesudah makan memiliki dampak terbesar pada penurunan berat badan.

Kemungkinan besar menyeruput secangkir di antara waktu makan yang lebih besar dapat mengurangi dorongan ngemil. Meskipun merupakan klaim yang populer, satu ulasan penelitian tidak mendukung kopi sebagai penekan nafsu makan.

Waktu terbaik untuk minum kopi untuk menyelesaikan ujian Anda

Kopi sering kali menjadi pilihan untuk persiapan ujian karena kemampuannya mempertajam fokus mental dan kewaspadaan. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi kopi sebelum ujian pagi bermanfaat, sedangkan meminum sebelum ujian sore tidak menunjukkan perbedaan.

Meski begitu, meminum secangkir (atau lebih) tepat sebelum menjalani ujian dapat membuat merasa cemas, sakit kepala, atau akhirnya mengaburkan ingatan. Angkatan Darat Amerika Serikat dan Departemen Pertahanan melakukan penelitian untuk mengetahui cara memanfaatkan keadaan paling waspada.

Mereka menghasilkan algoritma dengan menguji subjek yang kurang tidur dan jumlah kafein yang diperlukan untuk merasa seolah mereka tidur selama delapan jam. Mereka menemukan, untuk kewaspadaan tinggi, perlu 200 miligram kafein saat bangun dan 200 miligram lagi empat jam kemudian. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA