Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Guardiola Minta Bek Tengah City Belajar pada Ruben Dias

Rabu 03 Feb 2021 13:33 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Ruben Dias (kanan).

Ruben Dias (kanan).

Foto: EPA-EFE/Neil Hall
Peran Ruben Dias di Manchester City sama dengan Virgil van Dijk di Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pep Guardiola tak malu memuji bek tengah Manchester City, Ruben Dias. Pertahanan the Citizens memang tampil solid setelah menang 12 pertandingan secara beruntun di semua kompetisi.

Seseorang yang memberikan pengaruh signifikan adalah Ruben Dias. Bek yang dibeli dari Benfica pada musim panas lalu.

Guardiola bahkan menyebut bek tengah lain harus menjadikan pemain berusia 23 tahun itu sebagai contoh. Pelatih City asal Spanyol itu pun mengatakan, peran Dias sama dengan Virgil van Dijk di Liverpool.

''Sejauh ini, bagaimana dia beradaptasi dengan cepat, dari sisi mental dan dia adalah pria yang hidup dengan profesinya selama 24 jam,'' ujar Guardiola dikutip dari Tribalfootball, Rabu (3/2).

Mantan pelatih Barcelona itu menjelaskan, semua yang dilakukan Dias baik di dalam maupun di luar lapangan sudah diperhitungkan untuk sepak bola. Bahkan, Guardiola mengungkapkan, saat Dias makan, tidur, istirahat, waktu persiapan, semuanya terasa sempurna saat bertanding selama 95 menit.

''Itu semua tergantung dia dalam menjaga dan semoga kami bisa membantunya tumbuh. Kami lebih dari puas (dengan Dias),'' jelas Guardiola.

Menurut Guardiola, Dias tidak hanya pemain yang tampil bagus, tapi juga bisa memengaruhi rekan setimnya untuk bermain dengan baik. Selama pertandingan, Dias bicara dan berkomunikasi dengan pemain lain, sembari memimpin mereka dengan mengatakan apa yang harus dilakukan dalam setiap tindakan.

''Semoga bek tengah lain, John (Stone), Aymer (Laporte), Nathan (Ake), bisa belajar dan tidak hanya bermain untuk diri sendiri, tapi paham apa yang harus mereka lakukan,'' kata Guardiola berharap.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA