Rabu 03 Feb 2021 13:25 WIB

INA Diharapkan Jadi Game Changer Ekonomi Indonesia

INA juga akan menjalin kerja sama dengan lembaga investasi global.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Lembaga pengelola investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund (SWF).
Foto: Tim Infografis Republika.co.id
Lembaga pengelola investasi (LPI) atau Sovereign Wealth Fund (SWF).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo meyakini Lembaga Pengelola Investasi (LPI) Indonesia Investment Authority atau INA akan menjadi katalisator untuk menyampaikan kepada komunitas investor global bahwa Indonesia sedang mengubah pandangan dan sikapnya terhadap investasi langsung internasional.

Kartika menilai kehadiran INA pertanda pergerakan ekonomi Indonesia yang lebih terbuka terhadap akses investasi dengan menberikan kepastian hukum dan politik.

Baca Juga

"Kami berharap ini benar-benar menjadi game changer, menurut saya transformasi iklim investasi Indonesia, kami benar-benar akan menjadi game changer dalam beberapa tahun mendatang," ujar Kartika dalam Mandiri Investment Forum 2021 di Jakarta, Rabu (3/2).

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kartika mengatakan perlunya upaya memastikan adanya stabilitas investasi jangka panjang yang dapat menjamin. Hal ini guna menciptakan keseimbangan kepentingan pemerintah dan kepentingan komersial dari investasi tersebut.

Kartika menyebut Indonesia sangat presisi, baik dari sisi pertumbuhan penduduk hingga profil pembeli meski masih memiliki tantangan terkait kepastian hukum, risiko politik, dan stabilitas investasi jangka panjang. Kartika menilai adanya kepastian hukum dan iklim investasi yang baik akan mampu menghapus keraguan para investor.

"Kita harus yakinkan bahwa Anda (investor) akan memiliki dasar hukum yang kuat, jaminan risiko politik karena bekerja sama dengan pemerintah untuk mematikan stabilitas jangka panjang. Kami berharap dapat menjadi game changer dalam memindahkan FDI ke aset di Indonesia," ucap Kartika.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement