Rabu 03 Feb 2021 11:55 WIB

Menkominfo: Roadmap Indonesia Digital Tunggu Arahan Presiden

Peta jalan digital yang memuat empat sektor strategis sedang dilaporkan ke Presiden.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Yudha Manggala P Putra
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.
Foto: GALIH PRADIPTA/ANTARA FOTO
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, kementeriannya telah menyusun peta jalan atau Roadmap Indonesia Digital 2021-2024. Johnny menyatakan peta jalan yang memuat empat sektor strategis itu telah selesai dan sedang dilaporkan kepada Presiden.

"Dokumen Peta Jalan Indonesia Digital saat ini secara pararel telah disampaikan kepada Presiden untuk selanjutnya mendapatkan arahan dan petunjuk kebijakan lebih lanjut sebelum disampaikan kepada publik," kata Johnny dalam siaran pers yang dikutip Rabu (3/2).

Ia menjelaskan, secara garis besar peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 ini nantinya memberikan penjelasan mengenai arah kebijakan, implementasi pelaksanaan, dan target capaian untuk transformasi digital Indonesia di empat sektor strategis.

Ia merinci empat sektor strategis yakni mencakup infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital. Penyusunan peta jalan itu juga, kata Johnny  melibatkan mitra Kementerian Kominfo, kementerian dan lembaga terkait, termasuk perwakilan sektor swasta dan masyarakat.

Selain itu, ia menyebut peta jalan Indonesia Digital 2021-2024 juga disusun berdasarkan lima arahan Presiden, menyangkut percepatan transformasi digital Indonesia. Hal ini disampaikan Presiden saat memimpin Rapat Terbatas Perencanaan Transformasi Digital pada Agustus 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement